Kontribusi Kemampuan Awal Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High order thinking skills (HOTS)

Muhamad Hanafi

Abstract


Kemampuan berpikir matematis menjadi modal dasar dalam konteks pembelajaran yang bermakna saat ini. Kemampuan berpikir yang diupayakan dalam pembelajaran matematika saat ini yaitu kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi (high order thinking skills). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi kemampuan awal matematis siswa terhadap penyelesaian soal-soal high order thinking skiils pada materi pola bilangan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa dalam menyelesaikan soal-soal high order thinking skills. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Tangerang tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive. Subjek penelitian ini berjumlah 18 yang terdiri dari 6 siswa berkemampuan awal matematis rendah, sedang, dan tinggi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa kontribusi: 1) Sebesar 82,7% untuk kemampuan awal matematis rendah, 2) sebesar 82,8% untuk kemampuan awal matematis rendah, 3) sebesar 80% untuk kemampuan awal matematis tingi, dan 4) sebesar 98,1% untuk kemampuan awal matematis secara keseluruhan dalam menyelesaikan soal high order thinking skills. Kemudian data kontribusi didukung oleh tes angket respon siswa dengan hasil sebagai berikut: 1) sebesar 58,5% untuk kemampuan awal matematis rendah, 2) sebesar 62,3% untuk kemampuan awal matematis rendah, 3) sebesar 73,3% untuk kemampuan awal matematis tinggi, dan 4) sebesar 68,2% untuk kemampuan awal matematis secara keseluruhan

Keywords


Kemampuan Awal Matematis, High order thinking skills, Pola Bilangan, Ex Post Facto

Refbacks