Pembelajaran POE dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Maula Amalia Maghfuroh, Rochmad Rochmad

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif sangat penting bagi perkembangan pola pikir siswa yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan matematika, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Model pembelajaran POE (prediction, observation and explanation) merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam situasi atau masalah matematika, sehingga siswa harus memberikan dugaan tentang suatu kegiatan matematika, yang berguna untuk mengetahui konsepsi awal siswa. Langkah selanjutnya siswa melakukan penyelidikan atas dugaan yang diperoleh, jika dugaannya berbeda dengan apa yang diamati, maka akan terjadi konflik antara prediksi dan observasi, sehingga siswa akan mengalami proses pembelajaran yang lebih bermakna. Pemberian masalah matematika dengan penyelesaian cara yang berbeda membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir matematis dan menemukan ide-ide kreatif. Artikel konseptual ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran POE (prediction, observation and explanation) dengan pendekatan open ended dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil kajian diperoleh bahwa diprediksi ketika guru menerapkan model pembelajaran POE (prediction, observation and explanation) dengan pendekatan open ended merupakan pembelajaran yang efektif digunakan  untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif, POE (prediction, observation and explanation), Open Ended

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.