Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas XII SMA

Isnaepi Isnaepi, Suparman Suparman

Abstract


Pembelajaran abad 21 ditandai dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, menuntut lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi dalam media pembelajaran. Salah satu sistem yang dapat dimanfaatkan dalam inovasi media pembelajaran adalah sistem e-learning. E-learning memerlukan sistem yang mampu mengelola pembelajaran secara online berbasis MOODLE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik siswa, standar pembelajaran, sumber belajar, dan kebutuhan multimedia pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini ialah guru dan 6 siswa kelas XII SMA Negeri 5 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Pedoman observasi digunakan untuk mengamati standar pembelajaran dalam proses pembelajaran. Pedoman wawancara diberikan kepada guru dan siswa untuk mengetahui karakteristik sumber belajar, karakteristik siswa, dan kebutuhan e-learning sebagai multimedia pembelajaran bagi siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kurang bervariasi, siswa masih sulit dalam memvisualisasikan bangun ruang, dan siswa sulit dalam menyelesaikan masalah sehari-hari dalam konteks matematika. Sehingga dibutuhkan e-learning sebagai multimedia pembelajaran berbasis MOODLE dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas XII SMA.


Keywords


Pembelajaran abad 21; E-Learning; MOODLE; Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.