PERAN PEER FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Maria Naimnule, Kartono Kartono, Mohammad Asikin

Abstract


Matematika memiliki peranan penting dalam tercapainya tujuan pendidikan. Faktor utama bagi sebagian besar siswa kurang tertarik dengan pembelajaran matematika adalah ketidakmampuan siswa dalam mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Pada proses pembelajaran matematika sebaiknya siswa dilatih berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif, dan objektif secara khusus sehingga dapat memahami suatu konsep matematika yang tersusun secara hirarkis. Pemahaman suatu konsep matematika yang tersusun secara hirarkis diperlukan kemampuan pemecahan masalah. Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui proses kerja kelompok atau tim yang sistematis, sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Peer feedback melibatkan siswa dalam memfasilitasi proses kolaboratif dan sosial antar siswa untuk saling membantu dalam kegiatan pembelajaran. Peer feedback memberikan penguatan dalam memusatkan perhatian siswa pada pembelajaran berbasis masalah dengan tujuan membantu siswa menjadi guru bagi diri sendiri dan satu sama lain, dan untuk mengatur sendiri kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, siswa harus saling memberikan umpan balik demi terciptanya suatu pembelajaran yang bermakna. Uraian kajian dalam makalah konseptual ini meliputi peran model PBL dengan peer feedback dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.


Keywords


Problem Based Learning, Peer Feedback, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Akbari, E., Simons, R.J., Pilot, A., & Naderi, A. 2017. “Peer Feedback in Learning a Foreign Language in Facebook”. Global Journal of HUMAN-SOCIAL SCIENCE: G Linguistics & Education, 17 (2)

Al-Tabany, T. 2014. Mendesain Model pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Grup.

Alqassab,M., Strijbos, J.W., & Ufer,S. 2018. “The impact of peer solution quality on peer-feedback provision on geometry proofs: Evidence from eye-movement analysis”. The Journal of the European Association for Research on Learning and Instruction (EARLI): 182-192

Fauziah, L., & Kartono. 2017. “Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa”. Unnes Journal of Mathematics Education Research,6 (1): 59-67

Fitria, N.F.N., Hidayani, N., Hendriana., & Amelia, H.R. 2018. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat”. Edumatica, 8 (1): 49-57

Harahap, E. R. & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel . Edumatica, 7(1): 44-54.

Hmelo-Silver, C. E. 2004. “Problem-Based Learning: What and How Do Student Learn?”. Educational Psychology Review, 16(3): 235-266.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Amerika Serikat: NCTM.

Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Patchan, M. M., & Schunn, C. D. (2015). “Understanding the benefits of providing peer feedback: How students respond to peers' texts of varying quality”. Instructional Science, 43(5), 591–614. https://doi.org/10.1007/s11251-015-9353-x.

Polya. 1973. How to Solve it, A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.

Reinholz, D.L. 2018. “Peer Feedback for Learning Mathematics”. Journal the American mathematical Monthly, 125 (7): 653-658

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sari, I. P. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Stkip Siliwangi Bandung, 9(1): 10-11.

Savery, J. R. 2006. “Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions”. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1): 9-20.

Setiawan, R.H., & Harta, I. 2014. “Pengaruh Pendekatan Open-ended dan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa terhadap Matematika”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, (1) 2: 240-256

Sunandar, M.A., Zaenuri., & Dwidayati, N.K. 2018. “Mathematical problem solving ability of vocational school students on problem based learning model nuanced ethnomatematics reviewed from adversity quotient”. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7 (1): 1-8

Sunendar, A. 2017. “Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah”. Jurnal Theorems, 2(1): 86-93

Suraji., Maimunah., & Saragih,S. 2018. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)”. Suska Journal of Mathematics Education, 4 (1): 9-16

Taplin, M. (1998). Mathematics through problem solving. Artikel.

Tzohar-Rosen, M., & Kramarski, B. 2014. “Metacognition, Motivation and Emotions: Contributionof Self-Regulated Learning to Solving Mathematical Problems”. Global Education Review, 1(4): 76-95.

Ulya, H. 2016. “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving”. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2 (1)

Van Gennip, N. A. E., Segers, M. S. R., & Tillema, H.H. (2010). “Peer assessment as a collaborative learning activity: The role of interpersonal variables and conceptions. Learning and Instruction, 20, 280-290.

Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran SMP/ MTs untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika

Winata, R., & Friantini, R.N. 2018. “Proses Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Matematika Stkip Pamane Talino”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4 (1): 87-96

Zaerani, S., Mardhiah., & Suharti. 2017. “Pengaruh Penguasaan Konsep Teorema Pythagoras terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri Balang-Balang”. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2): 279-292

Zevenbergen, R., Dole, S., Wright, R. J, 2004. Teaching Mathematics in Primary School. New South Wales: Allen & Unwin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.