PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

Ahmad Aunur Rohman

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah goemetri bidang datar. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design dimana penelitian dirancang dan dilakukan hanya pada satu kelompok kelas untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih akurat melalui perbandingan keadaan sebjek sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Subjek penelitian ini adalah 38 mahasiswa kelas PM2B Jurusan Pendidikan Matematika semester 2 UIN Walisongo Semarang yang memiliki tingkat kemandirian belajar yang rendah. Penentuan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, yaitu dengan menentukan subjek dari keseluruhan populasi secara acak berasumsikan populasi homogen. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan angket kemandirian belajar yang bersifat tertutup. Teknik analisis data dilakukan menggunakan Uji t berpasangan, memperoleh hasil nilai t­hitung = 5,420. Hasil ini dibandingkan dengan ttabel ( = 5% dan dk = 74) yaitu 1,67. Jelas bahwa nilai thitung > t­tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa rata-rata skor kemandirian belajar mahasiswa pada post test lebih baik dari rata-rata skor kemandirian belajar mahasiswa pre test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa pada pembelajaran kooperatif tipe TAI meningkat dengan signifikan

Keywords


TAI, kemandirian belajar

Full Text:

PDF

References


Cheng, E.C.K, 2011. The Role of Self-regulated Learning in Enhancing Learning Performance. The International Journal of Research and Review. 6/1: 1-16. Tersedia dalam http://journalofresearchandreview.books.officelive. com/Documents/A1_V6.1_TIJRR.pdf [1 November 2011]

Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Mate-matika. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK.

Rakes, G.C & Dunn, K.E. 2010. The Impact of Online Graduate Student’ Motivation and Self Regulation on Academic Procrastination. Journal of Interative Online Learning. 9.1: 78-93. Tersedia di http://www.ncolr.org/jiol/issues/pdf/9.1.5.pdf [8 Nopember 2011]

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktk., Terjemahan Nurulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Susilo, J. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pendekatan Kooperatif Tipe TAI Berbasis Realistik Materi Lingkaran Kelas VIII. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Unnes.

Tarim, K. and Akdeniz, F. 2008. The Effects of Cooperative Learning on Turkish Elementary Students’ Mathematics Achievement and Attitude Toward Mathematics using TAI and STAD methode. Education Technology Research Devision. 67: 77-91. Tersedia dalam http://www.springerlink. com/content/Y52816481542X725/fulltext.pdf [25 Desember 2011].

Tella, A. 2007. The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School Students in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Science &Technology Education. 3/2: 149-156. Tersedia di http://www.ejmste. com/v3n2/EJMSTE_v3n2_Tella.pdf [4 September 2011]

Toumasis, C. 2004. Coperative Study Teams in Mathematics Classrooms. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. 35/5: 669-679. Tersedia di http://www.physics.emory.edu/ Faculty/weeks/journal/toumasis04.pdf [4 September 2011]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.