DESKRIPSI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Ika Amirin, Suparman Suparman

Abstract


Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dikuasai oleh siswa pada pembelajaran abad 21. Motivasi belajar siswa yang rendah akan menghambat pencapaian hasil belajar. Sumber belajar yang tidak memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan tidak memotivasi siswa untuk belajar akan menyebabkan pembelajaran tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan sumber belajar matematika siswa SMK Kelas X yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan memotivasi siswa untuk belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen pengumpulan data terdiri dari pedoman observasi, pedoman wawancara, soal tes, dan angket. Observasi dan wawancara digunakan untuk melihat sumber belajar yang digunakan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran, tes digunakan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa, dan angket digunakan untuk melihat motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sumber belajar yang ada di sekolah tidak dimanfaatkan siswa secara maksimal, kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa tergolong rendah, pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa, guru membutuhkan sumber belajar yang berpendekatan Contextual Teaching and Learning, yang sesuai dengan kurikulum, dan yang dapat  meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa. Penelitian dapat dilanjutkan pada tahap pengembangan sumber belajar berpendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa.

 

Kata kunci: sumber belajar matematika, kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar, Contextual Teaching and Learning


Full Text:

PDF

References


Kivunja, C. (2014). Do You Want Your Students to Be Job-Ready with 21st Century Skills? Change Pedagogies: A Pedagogical Paradigm Shift from Vygotskyian Social Constructivism to Critical Thinking, Problem Solving and Siemens’ Digital Connectivism. International Journal of Higher Education, 3 (3), 81-91.

Gabdrakhmanova, R. G., Utemov, V. V., and Shavaliyeva, Z. S. (2015). S. Malkin’s Algorithm of Inventive Problem Solving as an Instrument to Mastering Technical Systems in Supplementary Mathematical Education of School Students. Mathematics Education, 10 (3), 189-198.

Kuzle, A. Patterns of Metacognitive Behavior During Mathematics Problem-Solving in a Dynamic Geometry Environment. International Electronic Journal of Mathematics Education – IΣJMΣ, 8 (1), 20-40.

Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on students' motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 423 – 430.

Mahardika, I. K., Harijanto, A., and Winata, M. S. (2017). Fluid Dynamic Learning Assisted By Student Worksheet Based Rvm with Setting PBL. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4 (8), 3830-3833.

Samo, D. D., Darhim, and Kartasasmita, B. G., (2018). Culture-Based Contextual Learning to Increase Problem Solving Ability of First Year University Student. Journal on Mathematics Education, 9 (1), 81-94.

Surya, E., Putri, F. A., and Mukhtar. (2017). Improving Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Confidence of High School Students Through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education, 8 (1), 85-94.

Rizky. (2016). Teknik Analisis Data Kualitatif, Kuantitatif, Menurut Para Ahli [Lengkap]. Diakses tanggal 25 Oktober 2018 dari http://pastiguna.com/teknik-analisis-data/#Teknik_Analisi_Data_Deskriptif_Kualitatif

Putra, M., Novita, R., and Dazrullisa. (2017). Pengembangan Prototye Pertama LKS Berbasis Tahapan Pemecahan Masalah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah Siswa SMP. ResearchGate, 4 (2), 178.

Pramita, Melina Indah (2012). Peningkatan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajara Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas X TKR 3 SMK N 1 Punggelan. Skripsi. Universitas Negeri Purwokerto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.