PERBANDINGAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMA PADA MATERI GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Ahmad Irfan Alfaruqi, Moch. Lutfianto

Abstract


Geometri merupakan salah satu materi pada matematika yang menjadi salah satu kunci untuk memahami segala bentuk di dunia ini, oleh karenanya geometri sangat bermanfaat dan merupakan salah satu materi yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran geometri tidak bisa dilepaskan dari kemampuan spasial seseorang, dikarenakan pentingnya hubungan antara kemampuan spasial dan geometri, maka dirasa perlu meningkatkan kemampuan spasial agar mendukung pemahaman geometri seseorang. Gaya belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan spasial seseorang. Oleh karenanya peneliti membandingkan kemampuan spasial siswa berdasarkan gaya belajarnya untuk mengetahui gaya belajar manakah yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa. Pada penelitian ini hanya dibatasi pada gaya belajar Audio dan Visual yang dirasa lebih mendukung pada pembelajaran geometri. Peneliti menggunakan metode Penelitian Kualitatif yang dilakukan di sebuah SMA swasta di Kota Surabaya. Dengan memberikan angket mengenai gaya belajar dan beberapa soal terkait geometri didapatkan data bahwa kemampuan spasial siswa yang memiliki gaya belajar Visual lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki gaya belajar Audio

Keywords


Gaya Belajar, Spasial, Geometri

Full Text:

PDF

References


Asis, Musdalifah. (2015). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 78-87.

Bire, Arylien Ludji. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-174.

Farisdianto, Donny Dwi. (2014). Profil Kemampuan Spasial Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 77-84.

Hasrul. (2009). Pemahaman Tentang Gaya Belajar. Jurnal Medtek, 1(2), 1-9.

Karim, Abdul. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Formatif, 4(3), 188-195.

Khotimah, Husnul. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Dengan Teori Van Hiele. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik (9-16). Jogjakarta : UNY.

Muhassanah, Nur’aini. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 54-66.

Oktorizal. (2012). Peningkatan Level Berpikir Siswa Pada Pembelajaran Geometri Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 60-67.

Pakpahan, Sondang P. (2011). Gaya Belajar Dan Strategi Belajar mahasiswa Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh Medan. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 12(1), 49-65.

Syahputra, Edi. (2013). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 32(3), 353-364.

Tambunan, Siti Mariliah. (2006). Hubungan Antara Kemampuan Spasial Dengan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Makara, Sosial Humaniora, 10(1), 27-32.

Prabowo, Ardhi dan Eri Ristiani. (2011). Rancangan bangun Instrumen Tes Kemampuan Keruangan Pengembangan Tes Kemampuan Keruangan Hubert Maier dan Indentifikasi Penskoran Bedasar Teori Van Hielle. Jurnal Kreano, 2(2), 80-85.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.