DESKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA

Fidi Andrianingrum, Suparman Suparman

Abstract


Pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimilki oleh siswa. Siswa tunagrahita yang berkemampuan pemecahan masalah rendah akan mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang ada belum memfasilitasi siswa tunagrahita dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kebutuhan media pembelajaran interaktif  yang dapat membantu siswa tunagrahita dalam memecahkan masalah sehari-hari. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi guru matematika dan siswa tunagrahita SLB C kelas IX. Instrumen pengambilan data menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran dan mengetahui kelengkapan dokumen pembelajaran. Wawancara pada guru digunakan untuk mengetahui respon guru terhadap proses pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran. Wawancara pada siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran. Data dianalisa menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian memperoleh beberapa informasi. Pertama, pembelajaran selalu dikaitkan dengan kehidupan nyata sehari-hari. Kedua, siswa tunagrahita sulit untuk diajak berpikir abstrak. Ketiga, siswa tunagrahita lebih tertarik kepada hal yang berbentuk permainan, animasi, dan kartun. Keempat, siswa tunagrahita membutuhkan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahkan masalah matematika. Kelima, pembelajaran kontekstual dapat membantu siswa tunagrahita untuk memecahkan masalah. Penelitian ini dapat diperluas pada pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis pembelajaran kontekstual yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tunagrahita.

Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Siswa Tunagrahita.

Full Text:

PDF

References


Saragih, D. I. (2017). Analysis thre Effectiviness of Mathematics Learning Using Contextual Learning Model. Internatioal Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 135-143.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Utami, A. D., Sujadi, I., dan Riyadi. (2014). Strategi Guru dalam Membelajarkan Matematika pada Materi Lingkaran Kepada Anak Tunagrahita. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(8), 853-864.

Sari, S. F. M., Binahayati, & Muhammad T., B. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang di SLB N Purwakarta). Jurnal Penelitian & PKM, 4(2), 217-222.

Rusdiansyah, I., dan Wahyudi, A. (2014). Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA pada Siswa Tunagrahita di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(1).

Dian, L. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Anak Tunagrahita di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gejayan. Jurnal Widia Ortodidaktika, 5(8), 766-776.

Sandie, Usodo, B., dan Riyadi.(2013). Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Informasi dan Sains, 2(2), 157-166.

Fasni, N., Turmudi, T., dan Kusnandi, K. (2017). Mathematical Problem Solving Ability of Junior High School Students through Ang’s Framework for Mathematical Modelling Instruction. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 895 012082.

Cheong, J. M. Y., Walker J. M., dan Roseblatt, K. (2017). Numeracy Abilities of Children in Grades 4 to 6 with Mild Intellectual Disability in Singapore. Internasional Journal of Disability, Development and Education, 62(2), 150-168.

Harahap, E. R., dan Surya, E.(2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam menyelesaikan Persamaan Linear Satu Avriabel. Edumatica, 7(1), 44-54.

Somarmo, & Herris. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika.Bandung: PT Rafika Aditama.

Surya, E., Putri, F.A., dan Mukhtar.(2017). Improving Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Confidence of High School Student Through Contextual Learning Model. Journal on Matematics Education, 8(1), 85-94.

Ariani, S., hartono, Y., Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25-34.

Amir, M. F. (2015). Pengaruh pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 34-42.

Setiawan, D., Waluya, B., dan Masyuri. (2014). Keefektifan PBL Berbasis Nilai Karakter Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1), 15-20.

Hidayah, M., Sujadi, I., dan Pangadi.(2014). Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Memecahkan Soal Cerita Pada Operasi Hitung Campuran. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 4(1), 20-32.

Ayu, A. R., Maulana, dan Kurniadi, Y. (2016). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang dan Segitiga. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 211-230.

Khoiri, W., Rochmad, dan Cahyono, A. N. (2013). Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 114-121.

Raras, G. M. A. (2018). Interactive Learning Madia Based on Flash for Basic Electronic Engineering Development for SMK Negeri 1 Driyorejo – Gresik. IOP Conf. Seri.: Mater. Sci. Eng. 336 012034.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Kartika, I. Pengertian Peranan Dan Fungsi Kurikulum. Denpasar: FKIP Universitas Dwijendra Denpasar, n.d.

Sariono. “Kurikulum 2013: Kurikulum Generasi Emas.” E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya 3 (n.d.): 1–2.

Bhaumik, S., Kiani, R., Michael, D. M., Gangavati, S., Khan, S., Tolares, J., Javate, K. R., dan Vertriglio, A. (2016). Intellectual Disability and Mental Health: An Overview. International Journal of Culture and Mental Health, 9(4), 417-429.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Direktur Jederal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 10/DKR/2017 tentang Struktur Kurikulum, Kompetensi Inti-Kompetensi Dasar, dan Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.