DESKRIPSI BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PMRI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII

Irma Andriyani, Suparman Suparman

Abstract


Salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis. Siswa yang kurang kritis akan mengalami kesulitan menyelesaikan soal matematika khususnya tipe soal HOTS.  Bahan ajar yang sudah ada kurang mampu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahan ajar yang diperlukan oleh siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas VII. Alat pengumpulan data meliputi pedoman observasi dan pedoman wawancara. Pedoman observasi digunakan untuk mengamati model pembelajaran yang digunakan guru saat mengajar dan kemampuan berpikir kritis dan pedoman wawancara digunakan oleh peneliti untuk mewawancarai guru mengenai bahan ajar yang digunakan. Analisa data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih dalam kategori rendah, bahan ajar yang digunakan belum mampu melatih kemampuan berpikir kritis siswa, model pembelajaran PMRI dapat mengasah kemampuan berpikir kritis siswa, bahan ajar yang sudah ada belum menunjang siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan guru membutuhkan sumber belajar yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dapat diperluas pada pengembangan bahan ajar matematika berbasis PMRI yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


Bahan ajar, Berpikir kritis, PMRI

Full Text:

PDF

References


Anggoro B S 2015 Pengembangan Modul Matematika dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika vol 6 no 2 pp 122–129

Irawan P, Susanna, dan Hamid T 2017 Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning dan Direct Instruction Siswa Kelas X MAN Suak Timah Kab. Aceh Barat Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika vol 2 no 1 pp 114–121

Aditia M T dan Muspiroh N 2013 Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat dan Islam (Salingtemasis) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem Kelas X di SMA NU (Nahdatul Ulama) Lemahabang Kab. Cirebon Jurnal Scientia Educatia vol 2 no 2 pp 1–20

Puspita A M I 2017 Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Tematik Berbasis Lingkungan terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN III Tanggung Dewantara vol 3 no 1 pp 33– 48

Nilasari E, Djatmika E T, dan Santoso A 2016 Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan : Teori Penelitian dan Pengembangan vol 1 no 7 pp 1399–1404

Kartika Y, Sanapiah, dan Juliangkary E 2017 Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Kerangka ELPSA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Logika Matematika Jurnal Media Pendidikan Matematika (JMPM) vol 5 no 1 pp 146– 150

Meirisa A, Rifandi R, dan Masniladevi 2018 Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Jurnal Gantang vol 3 no 2 pp 127–134

Arifin Z 2017 Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21 Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) vol 1 no 2 pp 92–100

Ningsih S 2014 Realistic Mathematics Education : Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah JPM IAIN Antasari vol 01 no 2 pp 73–94

Rosana L N 2014 Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Jurnal Pendidikan Sejarah vol 2 no 1 pp 34–44

Hidayati N, Endryansyah 2014 Pengaruh Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TITL 1 SMK Neger 7 Surabaya pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik Jurnal Pendidikan Teknik Elektro vol 03 no 02 pp 25–29

Simanulang J 2013 Pengembangan Bahan Ajar Materi Himpunan Konteks Laskar Pelangi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Jurnal Pendidikan Matematika vol 7 no 2 pp 25–36

Zabeta M, Hartono Y, dan Putri R I I 2015 Desain Pembelajaran Materi Pecahan Menggunakan Pendekatan PMRI di Kelas VII Beta vol 8 no 1 pp 86–99

Sari P 2017 Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut melalui Pendekatan PMRI Jurnal Gantang vol 2 no 1 pp 41–50

Satriawan M dan Rosmiati 2016 Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Mahasiswa Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya vol 6 no 1 pp 1212– 1217

Lasmiyati dan Harta I 2014 Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP PYTHAGORAS : Jurnal Pendidikan Matematika vol 9 no 2 pp 161–174

Tanjung H S 2018 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Se-Kuala Nagan Raya Aceh Genta Mulia vol 9 no 2 pp 56-70

Purwati R, Hobri, dan Fatahillah A 2016 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving Kadikma vol 7 no 1 pp 84–93

Karim dan Normaya 2015 Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika vol 3 no 1 pp 92–104

Meirisa A, Rifandi R, dan Masniladevi 2018 Pendekatan Pendidikan matematika Realistik Indonesia Terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sd jurnal gantang vol 3 no 2 pp 127 – 134


Refbacks

  • There are currently no refbacks.