DESKRIPSI LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

DIYAH ISTRIANI, SUPARMAN SUPARMAN

Abstract


Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Siswa yang berkemampuan berpikir kritis rendah akan kesulitan menyelesaikan soal tipe PISA. Sumber belajar yang belum mendukung siswa untuk mengasah kemampuan berpikir kritis akan berdampak pada tidak efektifnya proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan lembar kerja siswa yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Observasi digunakan untuk mengamati model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Wawancara digunakan untuk mewawancarai guru mengenai lembar kerja siswa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.  Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Data dianalisa dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperoleh beberapa informasi. Pertama, guru menggunakan model pembelajaran konvensional. Kedua, kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Ketiga, lembar kerja siswa sudah tersedia namun belum dapat melatih siswa untuk berpikir kritis. Keempat, guru memerlukan lembar kerja siswa yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kelima, model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dapat diperluas pada pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Keywords


Berpikir Kritis, Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.