DESKRIPSI BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VIII

Sulis Solihati, Suparman Suparman

Abstract


Berpikir kritis merupakan salah satu komponen yang harus dimiliki siswa di era revolusi industri 4.0. Siswa yang kurang kritis akan terhambat dalam mencapai tujuan pembelajaran. Bahan ajar yang kurang memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis menyebabkan proses belajar siswa kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan bahan ajar yang diperlukan oleh siswa untuk dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi siswa SMP kelas VIII. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan pedoman observasi. Pedoman wawancara diberikan kepada guru dan siswa untuk menganalisis bahan ajar yang digunakan. Pedoman observasi digunakan oleh peneliti untuk mengamati kemampuan berpikir kritis siswa dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru saat proses belajar mengajar di kelas. Analisa data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memerlukan bahan ajar matematika yang sesuai karakteristik siswa, guru dan  siswa memerlukan bahan ajar matematika yang dapat meningkatkan berpikir kritis, bahan ajar matematika berbasis pendekatan kontekstual sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini dapat diperluas pada pengembangan bahan ajar matematika berbasis pendekatan kontekstual yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


Bahan Ajar, Berpikir Kritis, Pendekatan Kontekstual.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.