TELAAH SUMBER BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VIII

Siti Nursolekah, Suparman Suparman

Abstract


Berpikir kritis merupakan kemampuan penting yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran abad 21. Siswa yang kurang kritis akan memiliki hambatan dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran matematika. Sumber belajar yang tidak memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis akan berdampak pada efektivitas proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber belajar yang dibutuhkan siswa dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII. Alat pengumpulan data terdiri dari: pedoman observasi, pedoman wawancara. Observasi dilakukan untuk mengamati kemampuan berpikir kritis siswa dan model pembelajaran yang digunakan guru saat proses pembelajaran.  Wawancara dilakukan pada guru dan siswa untuk menganalisis sumber belajar yang dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. Data dianalisa dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan berpikir kritis siswa masih dalam kategori rendah, siswa membutuhkan sumber belajar matematika yang sesuai dengan karakteristik siswa, sumber belajar yang ada belum memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis, guru membutuhkan sumber  belajar yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa, dan pendekatan  problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dapat dilanjutkan pada tahap pengembangan sumber belajar pendekatan  problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Sumber Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.