PERAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHER LEARNING (CTL) DENGAN DIRECT CORRECTIVE FEEDBACK UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN SELF EFFICACY SISWA

Ulfany Fitri Utami, Kartono Kartono, Wardono Wardono

Abstract


Rendahnya kemampuan literasi matematika siswa disebabkan karena sebagian besar siswa  mengalami kesulitan dalam penyelesaian soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan nyata, utamanya dalam ranah pemecahan masalah, hal tersebut dikarenakan siswa  belum memahami masalah yang terdapat dari soal dan hanya  membaca saja. Dalam pembelajaran siswa cenderung cepat menyerah ketika dihadapkan dengan permasalahan matematika yang sulit dan tidak percaya diri dalam menyelesikannya. Self Efficacy merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa guna mengaktifkan motivasi itu sendiri dalam pembelajaran. Model Contextual Teacher Learning diterapkan agar nantinya dapat menjawab permasalahan tersebut dengan bantuan umpan balik yang akan memperkuat model itu sendiri yaitu dengan Direct Corrective Feedback. Uraian dari makalah ini membahas mengenai kajian literatur tentang peran model pembelajaran Contextual Teacher Learning dengan Direct Corrective Feedback, untuk meningkatnya berbagai kemampuan baik terhadap kemampuan literasi matematika maupun Self Efficacy siswa.

Keywords


(Kemampuan Literasi Matematika; Model Pembelajaran Contextual Teacher Learning; Self Efficacy; Direct Corrective Feedback)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.