Sistem Pendukung Keputusan dalam Pembelian Rumah Menggunakan Metode Analytic Network Process

Neva Satyahadewi, Hendra Perdana

Abstract


Perumahan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan akan tempat tinggal meningkat secara signifikan seiring dengan pertumbuhan penduduk. Fenomena ini menjadi sebuah peluang bisnis yang menarik bagi para pebisnis, khususnya bagi para developer yang menawarkan produk rumah sebagai produk andalan mereka. Keadaan ini berdampak pada konsumen yang nantinya akan dihadapkan pada berbagai macam produk perumahan, yang ditawarkan pemasar kepada mereka untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal. Sebagai akibatnya, seseorang akan berhadapan dengan keputusan yang sangat kompleks (multi kriteria) untuk membeli sebuah rumah. Salah satu cara untuk menyelesaikan pengambilan keputusan yang multi kriteria adalah dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Terkait dengan hal tersebut, maka studi ini mencoba untuk menganalisis pengaruh produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah di Perumahan Arfiz Karya Tritama Pontianak. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, metode Analytic Network Process (ANP) cukup baik dalam melakukan penghitungan dengan memperhatikan pengaruh atau ketergantungan antar kriteria maupun alternatif dan lebih objektif.

Keywords


Analytic Network Process, Sistem Pendukung Keputusan

References


Analytic Network Process (ANP) for Housing Quality Evaluation: A Case Study in Ghana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.