ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN ATURAN PERKALIAN DAN ATURAN PENJUMLAHAN

Ahmad Masroni, Toto Nusantara

Abstract


Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian studi kasus berdasarkan hasil observasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menggunakan aturan perkalian (product of rules) dan aturan penjumlahan (sum of rules). Hasil penelitian berupa deskripsi dari kesalahan siswa dan penyebab dari kesalahan yang siswa alami dalam menggunakan aturan perkalian dan aturan penjumlahan. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA yang telah mendapat materi aturan perkalian dan aturan penjumlahan. Penelitian memberikan dua buah soal kepada 20 orang siswa dan membagi kelompok siswa berdasarkan jawabannya. Pertama, siswa dengan jawaban benar pada kedua soal. Kedua, siswa dengan jawaban benar pada soal nomor 1 dan salah pada soal nomor 2. Ketiga, siswa yang salah pada kedua soal. Peneliti fokus pada dua tipe kelompok jawaban siswa yakni tipe kedua dan ketiga. Satu orang siswa dari masing-masing kelompok kedua dan kelompok ketiga diambil untuk dianalisis jawabannya. Siswa yang telah terpilih selanjutnya diwawancara. Berdasarkan hasil analisis dan wawancara didapatkan kesimpulan mengenai kesalahan siswa. Pertama, kesalahan yang dialami yaitu kesalahan dalam menginterpretasikan materi dengan soal yang diberikan. Siswa menginterpretasikan soal aturan penjumlahan sebagai aturan perkalian (interferensi berfikir). Kedua kesalahan yaitu hilangnya pemahaman siswa mengenai aturan perkalian dan aturan penjumlahan.

Keywords


Aturan Perkalian, Aturan penjumlahan, Interferensi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2000). Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atkins, A. S., Berman, M.G., Reuter-Lorenz, P.A & Jonides, J. (2011). Resolving semantic and proactive interference in memory over the short-term. Mem Cogn (2011) 39:806–817 (online) September 2015.

Anderson, M.C. (2003). Rethinking interference theory: Executive control and the mechanisms of forgetting. Journal of Memory and Language 49 (2003) 415–445. (Online). Diakses Agustus 2016.

Anderson, M.C. & Neely, J.H. (1996). Interference Inhibition in Memory Retrieval. dalam Bjork, E.L & Bjork, R.A (Eds). Handbook of Perception And Cognition second edition. California: Academic Press.

Baharudin & Wahyuni, E.N. (2007). Teori belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Bass, W.S. & Oswald, K.M. (2014). Proactive Control of Proactive Interference Using the Method of Loci. Department of Psychology, California State University, Fresno, USA10(2), 49-58.

Bruning, R. H., Schraw, G.J., & Ronning, R.R..(1990). Cognitif Psycology and Instruction 2nd Ed. Prentice-Hall.

Creswell, J.W. (2012). Educational Research : Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. USA: Pearson Education

Keresztes, A. & Racsmany, M. (2013). Interference resolution in retrieval-induced forgetting: Behavioral evidence for a nonmonotonic relationship between interference and forgetting. Memory Cognitif 41:511-518 (online) diakses Februari 2016

Legutko, M. (2008). An Analysis of Students’ Mathematical Errors in the Teaching Research Process. Handbook for Mathematics Teaching: Teacher Experiment. A Tool for Research, 141-152. (online) Diunduh dari agustus 2016

Moleong, L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Rosdakarya.

Sarwadi & Shahril (2014) Understanding Students' Mathematical Errors and Misconceptions: The Case of Year 11 Repeating Students. Mathematics Education Trends and Research. Vol 2014 (2014) 1-10. (Online) diakses Agustus 2016

Smyth, M.M. & Wing, A.M. (1984). The Psycology of human movement. London: Academic Press.

Sternberg, R. J. & Sternberg, K. (2012). Cognitive Psychology, Sixth Edition. USA: Wadsworth, Cengage Learning

Subanji. (2011). Teori Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasional. Malang: UM Press.

Subanji. 2015. Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang: UM Press

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wade, C & Tavris, .(Tahun ). Psikologi Edisi 9. (Terjemahan Mursalin, Padang & Dinastuti). 2007. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.