Memfasilitasi keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa melalui penyajian soal pembuktian

Ibnu Rafi, Fina Fitri Nurjannah

Abstract


Salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan oleh siswa di era revolusi industri 4.0 adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi. Keterampilan berpikir tingkat tinggi meliputi keterampilan memecahkan masalah, melakukan penyelidikan, menalar, mengomunikasikan dan mengonseptualisasikan pengetahuan. Keterampilan tersebut perlu dikembangkan oleh siswa untuk mempersiapkan diri secara lebih baik dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan akademik dan dunia kerja serta mengambil tanggung jawab dalam bagian penting kehidupan sehari-hari. Berbagai strategi pembelajaran matematika telah dilakukan untuk memfasilitasi keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Akan tetapi, masih sedikit perhatian yang tertuju pada potensi penyajian soal pembuktian sebagai strategi alternatif untuk memfasilitasi keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Oleh karena itu, artikel ini membahas mengenai bagaimana penyajian soal pembuktian dapat memfasilitasi keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Berdasarkan kajian literatur yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa penyajian soal pembuktian memfasilitasi siswa untuk menalar, melakukan penyelidikan,  menguji hipotesis, dan merefleksikan pemikiran, yang pada akhirnya akan memfasilitasi keterampilan berpikir tingkat tingginya. Cara penyajian soal pembuktian dalam pembelajaran matematika yang mungkin dapat memfasilitasi keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa juga dibahas dalam artikel ini.

Keywords


keterampilan berpikir tingkat tinggi; soal pembuktian

Refbacks

  • There are currently no refbacks.