KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA CLIMBER DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SOAL PISA

Zaenal Arifin, Nila Kurniasih, Heru Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa climber dalam memecahkan masalah matematika soal PISA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 6 Wadaslintang dengan Adversity Quotient tipe climber. Teknik pengambilan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposeful. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu kuesioner Adversity Quotient, tes masalah matematika soal PISA, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi siswa climber dalam memecahkan masalah matematika soal PISA adalah reflective use. Siswa memahami masalah dengan baik karena dapat mengidentifikasi informasi penting dalam masalah, siswa mampu menjelaskan apa yang ditulis pada lembar jawaban, siswa mampu mengaplikasikan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah, siswa melakukan evaluasi setiap langkah yang dibuat dan meyakini hasil yang diperoleh.


Full Text:

PDF

References


Amin, I, & Sukestiyarno, Y. L. 2015. Analysis Metacognitive Skills on Learning Mathematics

in High School. International Journal of Education and Research. Volume 3, Nomor 3.

Chanifah, N. 2015. Profil Pemecahan Masalah Kontekstual Geometri Siswa Smp Berdasarkan

Adversity Quotient (Aq). APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(2),

-66.

Creswell, J. W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset (Memilih Diantara Lima Pendekatan).Yogyakarta: Pusataka Pelajar.

Fauziah, A. 2016. Desain Soal Matematika Tipe PISA pada Konten Uncertainty And Data untuk Mengetahui Kemampuan Argument Siswa Sekolah Menengah Pertama. In Seminar Nasional dan Lokakarya PISA 2016.

Fitria, C, Sujadi, I, & Subanti, S. 2016. Analisis Kesulitan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Ma-salah Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Guardian, Ar-tisan, Rational, dan Idealist Kelas X SMKN I Jombang. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Volume 4, Nomor 9.

Laurens, T. 2010. Perjenjangan Metakognisi Siswa yang Valid dan Reliabilitas. Jurnal Pen-didikan dan Pembelajaran. Vol-ume 17, Nomor 2.

Mahromah, L. A., & Manoy, J. T. 2013. Identifikasi Tingkat Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Ma-salah Matematika Berdasarkan Perbedaan Skor Matematika. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2(1).

Muna, I., & Mubarokah, L. 2014. Proses Berpikir Siswa Climber dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(2), 143-150.

OECD. 2014. PISA Result: What 15-year-olds know and what they can do with what-they-know.(Online)-Tersedia: https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-I.pdf. Diakses 10 Desember 2017.

OECD.2016.PISA Result: Result-in-Focus.(Online)Tersedia: https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. Diakses 10 Desember 2017.

Rahmawati, E. 2016. Analisis Kemampuan Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Mate-matika Bertipe Pisa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Matematika, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.