PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF EFFICACY

Ika Novianti, Bambang Priyo Darminto, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model kooperatif snowball throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah antara kelompok self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini  juga menganalisis interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan  menganalisis pengaruh dari pembelajaran  tersebut terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B di SMP Negeri 7 Purworejo. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan, sedangkan analisis data akhir menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji  ANAVA. Berdasarkan tahapan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara kelompok self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan self efficacy tinggi lebih baik dari siswa dengan self efficacy sedang maupun rendah, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah

Keywords


snowball throwing, pemecahan masalah, self efficacy

Full Text:

PDF

References


Arifin, Sadriwati & dkk. 2015. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Efikasi Diri pada Siswa Kelas VIII Unggulan SMP N 1 Watampone. Jurnal Daya Matematis. Vol.3.No.1.

Butler. A. G. 2013. Exploring the Role of Social Reasoning and Self-Efficacy in the Mathematics Problem solving Performance of Lower- and Higher-Income Children. Bryant University Journal of Educational Research and Practice 2013. DOI: 10.5590/JERAP. 2013.03.1.07. Volume 3, Issue 1, Pages 93–119.

Ghufron, & R. Risnawita. 2017. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Netriwati.2016. Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7, No. 2, Hal 181-190. p-ISSN 2086-5872. e-ISSN 2540-7562.

Nugroho, B. Eko. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Proses Pembelajaran serta Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Materi Garis Lurus Tahun Pelajaran 2015/201. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Diakses dari www.simki. unpkediri.ac.id.

Ramlan, A.M. 2016. The Effect of Van Hiele Learning Model Toward Geometric Reasoning, Ability Based on Self-efficacy of Senior High School Students. Journal of Mathematics Education. ISSN: 2528-2468.Vol 1, No 2, July 2016.

Subaidi, A. 2016. Self-efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Madura. Vol. 1. No. 2. Maret 2016.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ulya, R. & I. Hidayah. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-efficacy Siswa dalam Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. Unnes Journal of Mathematics Education Research. p-ISSN 2252-6455. e-ISSN 2502-4507.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.