Disiplin Belajar, Fasilitas Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah Pleret Bantul

Devi Asmawati Rohana

Abstract


DISIPLIN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH PLERET BANTUL

Devi Asmawati Rohanaa, Harina Fitriyanib
aProgram Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD
Jl. Prof. Dr. Soepomo, SH. Janturan Yogyakarta devie.asma1992@gmail.com
bProgram Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD
Jl. Prof. Dr. Soepomo, SH. Janturan Yogyakarta harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id


ABSTRAK

Hasil belajar matematika siswa memiliki banyak faktor yang mempengaruhi, disiplin belajar dan fasilitas belajar siswa ketika di rumah diduga menjadi bagian dari faktor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara disiplin belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Pleret Kabupaten Bantul semester ganjil tahun 2017/2018.
Populasinya adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 96 siswa. Kelas sampel diambil dari kelas IX A sebanyak 26 siswa, menggunakan teknik random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode angket dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji daya beda. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji independensi. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara: 1) disiplin belajar dengan hasil belajar matematika, dengan ; 2) fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika, dengan ; 3) disiplin belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika, dengan dengan persamaan regresi linear ganda atas dan adalah . Kemudian besar sumbangan relatif , , dengan koefisien determinasi sederhana 0,367 serta sumbangan efektifnya dan .
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Matematika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.