ANALISIS KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIK SISWA PADA MATA PELAJARAN TRIGONOMETRI BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA

Ahmad Zainul Muhtaran, Zainal Abidin

Abstract


Pembuktian matematik adalah kemampuan sangat diperlukan siswa dalam pembelajaran matematika, salah satunya dalam mata pelajaran trigonometri. Pembuktian matematik merupakan suatu proses atau aktivitas berpikir untuk menarik suatu kesimpulan atau membuat suatu pernyataan baru. Beberapa kegiatan yang tergolong dalam penalaran dan pembuktian matematik diantaranya adalah menarik kesimpulan yang logis, melakukan aspek konjektur, aspek analisis, melakukan pembuktian dan aspek evaluasi. Metode yang digunakan peniliti dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran dan pembuktian matematik berdasarkan gaya belajar dengan fokus gaya belajar yaitu visual dan auditorial. Berdasarkan studi awal gaya belajar siswa kelas XI IPA, SMA Taruna, Surabaya diketahui bahwa dari 12 orang siswa, 8   siswa bergaya visual, 3 siswa bergaya auditori. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan gaya belajar tipe visual lebih baik dalam menyusun dan menguji konjektur, sedangkan siswa dengan gaya belajar tipe auditorial lebih baik memberikan penjelasan dan mengemukakan argumen dalam pembuktian.

Keywords


Pembuktian Matematik, Tipe Visual, Tipe Auditorial

Full Text:

PDF

References


Almeida, D. (2003). Engendering proof attitudes: Can the genesis of mathematical knowledge teach us anything?. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology.

Cahyono, Ibnu Budi. 2009. Hubungan Gaya Belajar, Sikap Siswa terhadap Pelajaran dan Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Prestasi Belajar Sosiologi Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 3 Metro. Tesis. Universitas Lampung.

DePorter, B & Hernaki, M 2012. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung. Kaifa.

Isnarto. Et al. 2014. “Students’ Proof Ability: Exploratory Studies of Abstract Algebra Course”. International Journal of Education and Research. II(6).

Martin, W. G,, & Harel, G. (1989). Proof frames of preservice elementary teachers. Journal for Research in Mathematics Education.

Moore, R.C., 1994. Making Transition to Formal Proof. Journal of Educational Studies in Mathematics 27: 249-266. Kluwer Academic Publisher: Netherlands.

NCTM (2000). Principles and Standar for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar. Jakarta. Bumi Aksara

Sowder, L., & Harel, G. (2003). Case studies of Mathematics majors’ proof understanding, production, and appreciation. Canadian Journal of Science, Mathematics, and Technology.

Santosa, Cecep A. 2013. Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Ketika Melakukan Pembuktian Matematis Formal. Jurnal Pengajaran MIPA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.