EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DAN ROUNDTABLE DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA

Astunnisyah Astunnisyah, Budiyono Budiyono, Isnandar Slamet

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, gaya kognitif dan interaksi antara model pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan rancangan faktorial 3 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP di Kabupaten Karanganyar pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian terdiri dari 279 siswa. Data dalam penelitian ini adalah dua cara analisis variansi dengan sel yang tidak sama, dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) model pembelajaran TTW memberikan prestasi matematika yang sama baiknya dengan model pembelajaran Roundtable, model pembelajaran TTW memberikan prestasi matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran Roundtable memberikan prestasi matematika yang lebih baik daripada model pengajaran langsung, (2) siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent memiliki prestasi matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent, (3) di Setiap jenis model pembelajaran, siswa yang memiliki gaya kognitif FI memberikan prestasi matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya kognitif FD, (4)) pada setiap kategori gaya kognitif, siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TTW dan model pembelajaran Roundtable menunjukkan prestasi matematika yang sama dan model pembelajaran TTW dan model pembelajaran Roundtable juga menunjukkan prestasi matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.

Keywords


TTW, Roundtable, konvensional , gaya kognitif, prestasi matematika

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (1997). Classroom Instruction and Management. New York: McGraw Hill Companies Inc.

Budiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Kagan, S. (1989). Cooperative learning. Diambil dari http://otl.du.edu/wp content/uploads/2013/07/Basic-Cooperative-Learning-Structures.pdf pada 7 April 2016.

Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huinker, D. & Laughlin, C. (1996). Talk Your Way Into Writing. In P. C. Elliot & M. J. Kenney (Eds.), Communication in mathematics k-12 and beyond. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics, Inc. http://eric.ed.gov/?id=ED398069

Ingkansari, A. R. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Roundtable Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Aktualisasi Diri Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Magelang. UPT Universitas Sebelas Maret

Onyekuru, B. U. 2015 Field Dependence-Field Independence Cognitive Style, Gender, Career Choice and Academic Achievement of Secondary SchoolStudents in Emohua Local Government Area of Rivers State Journal of Education and Practice, 6 (10), 76 - 85.

Riding, R. & Rayner, S. (1998). Cognitive Styles and Learning Strategies: Understanding Style Differences in Learning and Behaviour. London: David Fulton Publishers 1998.

Riding, R. (2002). School Learning and Cognitive Style. London: David Fulton Publishers Ltd.

Salmani, M. A. & Nodoushan. (2007). Is Field Dependence or Independence a Predictor of EFL Reading Performance?. Tesl Canada Journal/Revue Tesl Du Canada, 24 (2), 82-108

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suminar, R. P. (2015). The Effectiveness of Ttw (Think-Talk-Write) Strategy In Teaching Writing Descriptive Text. Journal of English Language and Learning, 2 (2) 299-304.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.