PENGAMBILAN KEPUTUSAN CALON GURU DALAM MEMBERIKAN CONTOH PENGAJUAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Muchtadi Muchtadi, Toto Nusantara, Abdur Rahman As'ari, Santi Irawati

Abstract


Pengambilan keputusan dan kemampuan pengajuan masalah penting untuk dimiliki calon guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Salah satu bagian dari interaksi pembelajaran yang harus diperhatikan oleh calon guru adalah pemberian contoh pengajuan masalah matematika. Kemampuan calon guru untuk memberikan contoh pengajuan masalah sesuai kebutuhan ketika kegiatan interaksi di kelas dapat mempercepat tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tipe contoh pengajuan masalah yang muncul beserta penyebab pengambilan keputusan oleh calon guru; (2) pertimbangan pengambilan keputusan calon guru dalam memberikan contoh pengajuan masalah; dan (3) ide yang dimunculkan dalam menyusun contoh pengajuan masalah matematika. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Subjek penelitian ini adalah 15 orang mahasiswa yang mengikuti ujian praktik pengalaman lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat tiga tipe contoh pengajuan masalah beserta penyebab pengambilan keputusan oleh calon guru; (2) pertimbangan yang diberikan untuk pengambilan keputusan memberikan contoh pengajuan masalah oleh calon guru masih sederhana dan tidak menyeluruh; dan (3) terdapat tiga jenis ide yang mungkin dilakukan calon guru dalam menyusun contoh pengajuan masalah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.