EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN OSBORN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH METODE NUMERIK

Harfin Lanya, Septi Dariyatul Aini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas dan respon mahasiswa terhadap penerapan model Osborn dengan teknik Brainstorming menggunakan aplikasi matlab pada mata kuliah metode numerik, khususnya pokok bahasan akar persamaan tak linear. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi semester empat yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas mahasiswa, pemberian soal tes dan lembar respon mahasiswa. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus rata-rata dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan 1 rata-rata aktivitas mahasiswa mencapai 84,5%, pertemuan 2 mencapai 95,2%, dan pertemuan 3 mencapai 98,2%. Hasil belajar mahasiswa paling rendah  81 dan paling tinggi 93.5. Sedangkan presentase respon mahasiswa 93.3% termasuk kategori  sangat baik. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Osborn dengan teknik Brainstorming menggunakan aplikasi matlab efektif terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode numerik.

Keywords


efektifitas, hasil belajar, mahasiswa, Osborn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.