PEMBELAJARAN DENGAN QUANTITATIVE REASONING PEMECAHAN MASALAH PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN

Fetty Nuritasari, Devie Reztia Anjarani

Abstract


Pemecahan masalah merupakan suatu proses yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Hal ini juga terjadi pada mata kuliah Teori Bilangan. Tujuan dari penelitian adalah: 1. Untuk mengkaji soal yang berkaitan dengan Quantitative Reasoning; 2. Diharapkan soal yang berkaitan dengan Quantitative Reasoning dapat diberi dan dilatih kepada mahasiswa agar kemampuan bernalar secara kuantitatif menjadi lebih baik. Pada penelitian ini indikator yang digunakan untuk menunjukkan seseorang mahasiswa telah mempunyai kemampuan pemecahan masalah adalah: 1. Memahami masalah yang ada; 2. Menentukan strategi penyelesaian yang tepat; 3.Melaksanakan strategi yang telah dipilih; 4. Menentukan solusi dari permasalahan; 5. Memeriksa sendiri ketepatan strategi dan kebenaran solusi yang diperoleh dari suatu solusi. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa berkemampuan atas, menengah dan bawah pada tahap dalam memecahkan masalah dideskripsikan dengan mengumpulkan informasi yang diperoleh dari soal (data yang diketahui dan hasil wawancara).Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Pada subjek atas, terjadi cukup baik.Hal ini disebabkan karena berfungsinya komponen Quantitative Reasoning dalam pemecahan masalah yang baik pula.Sehingga yang terjadi pada subjek atas berfungsi sebagaimana mestinya dan memproses stimulus yang ada dengan benar.Sedangkan pada subjek bawah, terjadi kurang lengkap juga.Hal ini disebabkan karena berfungsinya komponen penerimaan informasi yang kurang baik pula.Konsep-konsep yang tersimpan dalam memori subjek bawah yang dibutuhkan dalam pemecahan masalah sangat terbatas.Pemahaman subjek bawah terhadap prinsip induksi matematika juga kurang.Langkah-langkah induksi matematika yang dituliskan dalam pemecahan masalah hanya diperoleh dari hasil hafalan saja.

Keywords


Quantitative Reasoning, Pemecahan Masalah

Refbacks

  • There are currently no refbacks.