ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS V SD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEHARI-HARI YANG BERKAITAN DENGAN OPERASI HITUNG PECAHAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan, penyebab kesalahan siswa, serta persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan aplikasi soal operasi hitung pecahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar (SD). Jawaban siswa dipilih berdasarkan variasi kesalahan dan banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada tiap butir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Teknik tes dalam penelitian ini lembar tes yang berisi soal uraian atau essay dan membahas mengenai aplikasi materi bentuk pecahan yang berkaitan dengan masalah sehari-hari. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam memahami maksud soal, kesalahan dalam pemahaman konsep, dan kesalahan dalam melakukan langkah penyelesaian soal. Penyebab kesalahan-kesalahan tersebut adalah siswa tidak mampu menganalisis apa yang ditanyakan dan diketahui pada soal yang berbentuk soal cerita, siswa tidak teliti dalam mengerjakan soal, siswa tidak paham konsep penjumlahan dan pengurangan sehingga siswa tidak mampu menyelesaikan soal, serta siswa masih bingung dalam mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya. Persentase kesalahan siswa dalam mengerjakan aplikasi soal operasi bilangan pecahan yaitu kesalahan yang dilakukan siswa dalam memahami konsep sebesar 46,4%, kesalahan siswa yang dilakukan dalam menerima informasi sebesar 29,6%, serta kesalahan siswa dalam menghitung sebesar 70,4%. Persentase kesalahan yang paling tinggi yaitu kesalahan siswa dalam menghitung.
Keyword : Analisis kesalahan, operasi hitung, pecahan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.