Simulasi Solusi Numerik Model Lotka-Volterra dengan Metode Runge-Kutta-Fehlberg

Randhi Nanang Darmawan

Abstract


Model Mangsa-Pemangsa atau dikenal dengan model Lotka-Volterra merupakan model dalam bentuk sistem persamaan diferensial biasa non-linier yang menggambarkan interaksi antara dua makhluk hidup yang saling berikatan dalam bentuk predasi. Dalam artikel ini akan dikaji simulasi solusi numerik Model Lotka-Volterra interaski antara Ayam Hutan Hijau (Gallus varius) dengan Musang Luwak (Paradoxurus hermaproditus) yang hidup di Taman Nasional Alas Purwo menggunakan metode Runge-Kutta orde-4, orde-5 dan Runge-Kutta-Fehlberg. Hasil dari penelitian menggunakan ketiga metode menunjukkan bahwa dengan menggunakan beberapa variasi parameter dalam simulasi yaitu nilai  didapatkan beberapa kondisi yang memungkinkan dan berpotensi terjadi kepunahan baik mangsa maupun pemangsa.


Keywords


Model Lotka-Volterra, Runge-Kutta-Fehlberg, Sistem Persamaan Diferensial,

Full Text:

PDF

References


Angga, T. F., 2010. Penerapan Model Mangsa-Pemangsa Lotka-Volterra (Studi Kasus Perkebunan Kopi, Kakao (PTPN X), dan Kelapa Rakyat di Jember), Jember: FMIPA Universitas Jember: Tidak Dipublikasikan.Skripsi.

Anisiu, M. C., 2014. Lotka, Volterra and their Model. Didactica Mathematica , Volume 32, pp. 9-17.

Campbel, S. L. & Haberman, S., 2008. Introduction to Differential Equations with Dynamical System. New Jersey: Pricenton University Press.

Chapra, S. C. & Canale, R. P., 2010. Numerical Method for Engineers. Sixth ed. New York: McGraw-Hill.

Boyce, W. E. & DiPrima, R. C., 2008. Elementary Differential Equations and Boundary Value Problem. Ninth ed. New York: John Willey & Sons.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.