ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS

Yona Ayu Wardani, Suparman Suparman

Abstract


Pengembangan kemampuan komunikasi matematis siswa sangat diperlukan agar siswa bisa menyampaikan konsep yang telah dipelajari kepada teman secara sistematis. Keterbatasan sumber belajar yang memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan komunikasi mengakibatkan pencapaian pemahaman terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa lembar kerja siswa untuk meningkatkan komunikasi matematis pada siswa. Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas IX. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Pedoman observasi digunakan untuk mengamati model pembelajaran dan sumber belajar yang digunakan oleh guru. Pedoman wawancara digunakan untuk mengetahui informasi kegiatan belajar di kelas. Analisa data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika dan mengkomunikasikannya, bahan ajar belum dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan komunikasinya, metode pembelajaran kooperatif berbasis student teams-achievement divisions merupakan model pembelajaran yang dapat menigkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan baik guru maupun siswa membutuhkan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.


Keywords


Analisis Kebutuhan;Student Teams–Achievement Divisions;Kemampuan Komunikasi;Lembar Kerja Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.