ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS AUDIO UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS VII

Mayang Faulina, Suparman Suparman

Abstract


Tunanetra adalah individu yang memiliki hambatan dalam penglihatan. Sumber belajar yang belum memperhatikan kebutuhan siswa tunanetra, akan menghambat pembelajaran bagi siswa tunanetra. Penelitianbertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan siswa tunanetra dan guru terhadap lembar kerja siswa matematika yang dapat membantu siswa untuk memahami materi yang diajarkan dan menemukan konsep. Metode yang digunakan adalah penelitian eksploratif. Penelitian ini dilakukan di MTSLB/A Yaketunis Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data terdiri dari pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Pedoman wawancara digunakan untuk mengumpulkan informasi kegiatan pembelajaran di dalamkelas. Pedoman observasi digunakan untuk mengetahui sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : lembar kerja siswa matematika belum sesuai dengan kebutuhan siswa tunanetra, siswa tunanetra belum memahami konsep keterkaitan antar bangun, model pembelajaran berbasis audio dapat meningkatkan pemahaman materi pelajaran dan kreativitas siswa tunanetra, dan guru membutuhkan pengembangan lembar kerja siswa yang dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa tunanetra melalui pembelajaran matematika berbasis audio. Penelitian dapat dilanjutkan ketaat pengembangan lembar kerja siswa matematika berbasis audio untuk siswa tunanetra.


Keywords


Analisis Kebutuhan, Audio, Kreativitas Belajar, Lembar Kerja Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.