PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU MATEMATIKA SMA MELALUI SISTEM LSLC PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PMRI DI INDONESIA

Rini Herlina Rusiyanti

Abstract


Rendahnya kemampuan pedagogik guru dalam melakukan proses pembelajaran matematika sangat berpengaruh pada kualitas hasil belajar peserta didik. Berdasarkan kenyataan ini, maka perlu adanya perubahan sistem dalam pembelajaran yang dilakukan guru. Pembelajaran yang dikembangkan seharusnya dapat mendorong  kemampuan  berpikir  peserta didik dalam   meningkatkan  kreativitas,  dan  membangun kemandirian siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang diberikan. Penelitian ini bertujuan melihat kemampuan guru matematika antara sekolah yang terakreditasi A, B dan C di Provinsi Sumatera Selatan dan memberikan solusi bagaimana cara meningkatkan kompetensi guru dengan mendesain pelatihan guru sesuai K.13 revisi dan penerapan lima karakteristik PMRI dalam pembelajaran matematika sesuai situasi kehidupan siswa dan untuk membantu meningkatkan metode/strategi pembelajarannya yaitu dengan bekerja sama sesama pendidik lainnya menggunakan sistem Lesson Study for Learning Community, yang terdiri atas empat tahap yaitu Design (Perencanan), Do (pelaksanaan),  See (refleksi), dan Re-design yang berkelanjutan. Metoda penelitian ini adalah design research , Hasil yang diharapkan dengan penerapan sistem  PMRI dan LSLC dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan guru matematika yang profesional.


Keywords


Guru Matematika, Sekolah Terakreditasi, Desain Pelatihan Guru, PMRI, LSLC

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.