Deskripsi Kebutuhan Media Pembelajaran E-Learning Berpendekatan STEM Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMA Kelas XI

Nur Rahmat Wahyuaji, Suparman Suparman

Abstract


Berpikir kritis dan kreatif merupakan beberapa keterampilan penting yang harus dimiliki siswa pada pembelajaran abad 21 di era revolusi industri 4.0. Media pembelajaran yang belum memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif berdampak pada pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan media pembelajaran e-learning berbasis STEM yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis untuk siswa SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas XI. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Observasi pada siswa untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa serta untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran di luar kelas. Wawancara dengan guru untuk mengambil data mengenai kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran dan mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Studi literatur dilakukan untuk mengetahui dampak penggunaan STEM dengan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Hasil penelitian memberikan beberapa informasi. Pertama, kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa perlu ditingkatkan. Kedua, media pembelajaran yang digunakan di sekolah belum membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Ketiga, siswa belum dapat memanfaatkan media pembelajaran di luar jam pelajaran. Keempat, pendekatan STEM dapat melatih siswa untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Kelima, guru membutuhkan media pembelajaran e-learning yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Penelitian dapat diperluas pada pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SMA kelas XI.

Keywords


Berpikir Kreatif; Berpikir Kritis; Media Pembelajaran E-Learning; STEM

Full Text:

PDF

References


Tjandrawinata R R 2016 Industri 4.0: Revolusi Industri Abad Ini dan Pengaruhnya pada Bidang Kesehatan dan Bioteknologi Medicinus vol 29(1) pp 31–39.

Sugiharni G A D and Setiasih N W 2018 Validitas dan Reliabilitas Instrumen Evaluasi Blended Learning Matakuliah Matematika Diskrit di STIKOM Bali Berbasis Model Alkin. Indomath vol 1(2) pp 93–108.

Aldianto L, Mirzanti I R, Sushandoyo D and Dewi E F 2018 Pengembangan Science Dan Technopark Dalam Menghadapi Era Industri 4.0-Sebuah Studi Pustaka Jurnal Manajemen Indonesia vol 18(1) pp 68–76.

Muhson A 2010 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia vol 8(2) pp 1–10.

Nurseto T 2011 Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik Jurnal Ekonomi & Pendidikan vol 8(1) pp 19–35.

Agustina M 2013 Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) vol 1(1) pp 8–12.

Ratnasari A 2012 Studi Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Studi Kasus Universitas Mercu Buana Jakarta Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Hanum N S 2013 Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto) Jurnal Pendidikan Vokasi col 3(1) pp 90–102.

Irianti N P, Mega E and Wijaya S 2017 Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII Smp JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) vol 5(2) pp 58–66.

Nessa W, Hartono Y and Hiltrimartin C 2017 Pengembangan Buku Siswa Materi Jarak Pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Problem-Based Learning Di Kelas X Jurnal Elemen vol 3(1) pp 1–14.

Sanders M 2009 STEM, STEM education, STEMmania The Technology Teacher vol 68(4) pp 20– 26.

Satriani A 2017 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Mengintegrasikan Pendekatan Stem Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA pp 207–213.

Ismayani A 2016 Pengaruh Penerapan STEM Projectbased Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education vol 3(4) pp 264–272.

Kristiani K D, Mayasari T and Kurniadi E 2017 Pengaruh pembelajaran STEM-PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika) vol 3 pp 266–274.

Arifin Z 2017 Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21 Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) vol 1(2) pp 92–100.

Meika I and Sujana A 2017 Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika vol 10(2) pp 8–13.

Indriana V, Arsyad N and Mulbar U 2015 Penerapan Pendekatan Pembelajaran POE (Predictobserve-Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 22 Makassa Jurnal Daya Matematis vol 3(1) pp 51–62.

Fitriarosah N 2016 Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika vol 1 pp 243–250.

Dilla S C, Hidayat W and Rohaeti E E 2018 Faktor Gender Dan Resiliensi Dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Jurnal of Medives vol 2(1) pp 129–136.

Siswono T Y E 2017 Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika Jurnal Pendidikan FPMIPA PEGRI Semarang pp 11–26.

Syahbana A 2012 Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika vol 2(1) pp 45–57.

Liberna H 2015 Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA vol 2(3) pp 190–197.

Haviz M 2013 Research And Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna Ta’dib vol 16(1) pp 28–43.

Cahyaningsih R and Asikin M 2015 Komparasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Matematika Humanistik dan Problem Based Learning dalam Setting Model Pelatihan INNOMATTS Jurnal Nalar Pendidikan vol 3(1) pp 24–29.

Putra P D A and Sudarti 2015 Real Life Video Evaluation Dengan Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Jurnal Kependidikan vol 45(1) pp 76– 89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.