Deskripsi Kebutuhan Media Pembelajaran E-Learning Berpendekatan STEM Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMA Kelas XI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Tjandrawinata R R 2016 Industri 4.0: Revolusi Industri Abad Ini dan Pengaruhnya pada Bidang Kesehatan dan Bioteknologi Medicinus vol 29(1) pp 31–39.
Sugiharni G A D and Setiasih N W 2018 Validitas dan Reliabilitas Instrumen Evaluasi Blended Learning Matakuliah Matematika Diskrit di STIKOM Bali Berbasis Model Alkin. Indomath vol 1(2) pp 93–108.
Aldianto L, Mirzanti I R, Sushandoyo D and Dewi E F 2018 Pengembangan Science Dan Technopark Dalam Menghadapi Era Industri 4.0-Sebuah Studi Pustaka Jurnal Manajemen Indonesia vol 18(1) pp 68–76.
Muhson A 2010 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia vol 8(2) pp 1–10.
Nurseto T 2011 Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik Jurnal Ekonomi & Pendidikan vol 8(1) pp 19–35.
Agustina M 2013 Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) vol 1(1) pp 8–12.
Ratnasari A 2012 Studi Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Studi Kasus Universitas Mercu Buana Jakarta Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Hanum N S 2013 Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto) Jurnal Pendidikan Vokasi col 3(1) pp 90–102.
Irianti N P, Mega E and Wijaya S 2017 Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII Smp JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) vol 5(2) pp 58–66.
Nessa W, Hartono Y and Hiltrimartin C 2017 Pengembangan Buku Siswa Materi Jarak Pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Problem-Based Learning Di Kelas X Jurnal Elemen vol 3(1) pp 1–14.
Sanders M 2009 STEM, STEM education, STEMmania The Technology Teacher vol 68(4) pp 20– 26.
Satriani A 2017 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Mengintegrasikan Pendekatan Stem Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA pp 207–213.
Ismayani A 2016 Pengaruh Penerapan STEM Projectbased Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education vol 3(4) pp 264–272.
Kristiani K D, Mayasari T and Kurniadi E 2017 Pengaruh pembelajaran STEM-PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika) vol 3 pp 266–274.
Arifin Z 2017 Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21 Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) vol 1(2) pp 92–100.
Meika I and Sujana A 2017 Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika vol 10(2) pp 8–13.
Indriana V, Arsyad N and Mulbar U 2015 Penerapan Pendekatan Pembelajaran POE (Predictobserve-Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 22 Makassa Jurnal Daya Matematis vol 3(1) pp 51–62.
Fitriarosah N 2016 Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika vol 1 pp 243–250.
Dilla S C, Hidayat W and Rohaeti E E 2018 Faktor Gender Dan Resiliensi Dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Jurnal of Medives vol 2(1) pp 129–136.
Siswono T Y E 2017 Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika Jurnal Pendidikan FPMIPA PEGRI Semarang pp 11–26.
Syahbana A 2012 Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika vol 2(1) pp 45–57.
Liberna H 2015 Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA vol 2(3) pp 190–197.
Haviz M 2013 Research And Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna Ta’dib vol 16(1) pp 28–43.
Cahyaningsih R and Asikin M 2015 Komparasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Matematika Humanistik dan Problem Based Learning dalam Setting Model Pelatihan INNOMATTS Jurnal Nalar Pendidikan vol 3(1) pp 24–29.
Putra P D A and Sudarti 2015 Real Life Video Evaluation Dengan Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Jurnal Kependidikan vol 45(1) pp 76– 89.
Refbacks
- There are currently no refbacks.