ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER KEJUJURAN UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Muh Suhuddinul Islam, Suparman Suparman

Abstract


Karakter kejujuran merupakan salah satu kompetensi inti yang harus dimiliki oleh siswa berdasarkan kurikulum 2013. Siswa yang kurang jujur cenderung melakukan tindakan-tindakan tidak terpuji dan merugikan orang lain. Media pembelajaran yang tidak mengintergerasikan kejujuran berdampak pada tidak tercapainya salah satu kompetensi inti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang mampu meningkatkan karakter kejujuran siswa. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa SMP kelas VII. Instrumen penggumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Pedoman wawancara digunakan untuk memperoleh informasi mengenai kesulitan siswa, sumber belajar siswa, media yang digunakan, dan tingkat kejujuran siswa. Pedoman observasi digunakan untuk mengetahui perilaku siswa selama di lingkungan sekolah baik saat proses belajar mengajar di kelas maupun saat siswa di luar kelas. Teknik analisis data menggunakan Miles and Hubberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa materi aritmatika sosial masih dianggap sulit oleh sebagian siswa terutama dalam menerjemahkan soal-soal cerita ke dalam model matematika. Selain itu, media pembelajaran yang dapat menunjang karakter kejujuran belum dikembangkan. Penelitian menyimpulkan bahwa guru dan siswa membutuhkan pengembangan media pembelajaran interaktif matematika berpendidikan karakter

Keywords


: Analisis kebutuhan, Karakter Kejujuran, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.