KARAKTERISTIK LKS BERPENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI DAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMK KELAS X

Joko Supriyanto, Suparman Suparman

Abstract


Komunikasi matematika dan kerjasama siswa merupakan kemampuan sangat penting dalam era milineal. Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi dan kerjasama rendah akan terhambat dalam memenuhi kebutuhannya. Sumber belajar yang hanya memuat materi dan tidak mengintegrasikan komunikasi dan kerjasama akan menghambat pencapaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan LKS yang berbasis realistic mathematics education yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerjasama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMK Kelas X. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket. Observasi pada guru untuk mengambil data mengenai kebutuhan siswa terhadap LKS. Angket diberikan kepada siswa untuk mengetahui kemampuan komunikasi dan kerjasama siswa. Wawancara dilakukan pada guru untuk mengetahui penggunaan LKS di dalam pembelajaran. Studi literatur dilakukan untuk mengetahui dampak penggunaan LKS berbasis realistic mathematic education terhadap kemampuan komunikasi dan kerjasama. Hasil penelitian memberikan beberapa informasi. Pertama, kemampuan komunikasi dan kerjasama perlu ditingkatkan. Kedua, LKS yang digunakan di sekolah belum membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan kerjasama. Ketiga, pendekatan realistic mathematic education dapat melatih siswa untuk mengasah kemampuan komunikasi dan kerjasama. Penelitian memberikan kesimpulan bahwa LKS berbasis realistic mathematic education yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerjasama siswa SMK kelas X perlu dikembangkan

Keywords


kerjasamakomunikasi, lembar kerja siswa, realistic mathematics education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.