Efektivitas Program Student Exchange Kurikulum Merdeka Kampus Merdeka dalam Peningkatan Soft Skill Mahasiswa
Abstract
Kurikulum Merdeka Kampus Merdeka digulirkan sebagai terobosan dalam menjawab kebutuhan perkembangan pendidikan di Indonesia untuk mewujudkan cita – cita lahirnya SDM Unggul. Kurikulum ini diterapkan sejak dimunculkannya peraturan menetri pendidikan pada Tahun 2020. Bagi lembaga pendidikan adanya kebijakan baru kurikulum merdeka menjadi sebuah tantangan baru dalam meberikan pendidikan yang terbaik bagi peserta didiknya. Bagi perguruan tinggi kurikulum ini sebagai upaya untuk memberikan kebebasan pada para mahasiswa dalam mengeksplorasi materi perkuliahan dengan adanya kegiatan akademik yang dapat dilakukan diluar kampus. Sehingga bagi Prodi Manajemen Pendidikan UNY dengan adanya kurikulum merdeka maka lulusan yang ingin dicapai ialah lulusan yang memiliki skill yang kuat sebagai dasar penguat bagi bidang keilmuwan yang ditekuninya. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian dengan menggunakan teknik studi kasus dengan metodologi penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari: Kaprodi S1 Manajemen Pendidikan FIP UNY, dua Dosen Manajemen Pendidikan FIP UNY, Lembaga Penjamin Mutu Prodi, dan Mahasiswa S1 Manajemen Pendidikan FIP UNY. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengacu pada Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana yang terdiri dari kondensasi data, display data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program student exchange dapat meningkatkan soft skill mahasiswa yang mengikutinya diantaranya soft skill : Kemampuan komunikasi, kemampuan menyelesaikan masalah, Kreativitas, Kesadaran Atas Budaya Lain, Kepemimpinan, Kemmapuan Inovasi, dan Kemampuan Kolaborasi. Meskipun program ini telah direncanakan dan susun dengan prosedural yang matang namun pelaksanaan masih terkendala dalam hal konversi nilai bagi mahasiswa karena masing – masing kampus mitra memiliki aturan sendiri dalam pengelolaan penilaian.
Full Text:
PDFReferences
Achmad Mudrikah, Ahmad Khori, Hamdani, Abdul Holik, Luki Luqmanul Hakim, Bambang Yasmadi, H. H. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Islam Nusantara. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 137–148. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2177
Agresta Primana Tania. (2023). Hasil Wawancara Mahasiswa S1 Manajemen Pendidikan UNY, 11 Januari 2023, Pukul 13.00 - 13.30 WIB, Via Telpon. 11–13.
Aiman Faiz, I. K. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164.
Ayu, G., & Kusumah, Paramita Wardani, Devi Susanty, Ade Ayu Oksari, Lany Nurhayati, Alifah Nuranzani, F. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus MERDEKA (mbkm) di Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 5(April), 53–59.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.
Deni Sopiansyah, S. M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41.
Dicky Artanto. (2022). Strategi Kepemimpinan Transformasional untuk Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Islam. Adaara, 12(2), 77–85.
Dr. Lia Yuliana. (2023). Hasil Wawancara Dosen Manajemen Pendidikan UNY, 9 Januari 2023, Pukul 16.30 - 17.00 WIB, di Gedung Moh. Amin PPs FIP UNY.
Dr. Nurtanio Agus Purwanto. (2022). Hasil Wawancara Sekretaris Prodi Manajemen Pendidikan UNY, 3 Desember 2022, Pukul 15.00 - 16.00 WIB, Di Ruang Prodi MP UNY.
Endrawan, I. B., Hardiyono, B., Satria, M. H., & Kesumawati, S. A. (2021). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Pendidikan Olahraga Starta Satu (S1) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dan Bahasa Universitas Bina Darma. JPKMBD (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darmas), 1(2), 180–186.
Faiz, Aiman, P. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 649–655.
Hamalik, O. (2013). Dasar - Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Hikmawati. (2022). Melatih Soft Skills Mahasiswa Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 di SDN 10 Ampenan. Unram Journal of Community Service, 3(2), 30–37.
Joko Kuncoro, Agustin Handayani, dan T. S. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Proyeksi, 17(1), 112–126.
Kaprodi S1 Manajemen Pendidikan FIP UNY Dwi Esti Andriani, S.Pd, M.Pd, E. D. S. (2022). Hasil Observasi dan Wawancara, Pukul 10.00 - 11.15 WIB, 13 September.
Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., & Kartakusuma, Berliana, Mustolah Ma’ufur, T. P. (2022). Impelemntasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738–748.
Mariati. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 1, 747–758.
Movi Riana Rahmawanti, M. M. N. (2022). Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 37–47. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6218
Murti, F. L. (2022). Meningkatkan Soft Skill pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang : Seminar Nasional Mahasiswa, 1(2), 53–57.
Neng Virly Apriliyani, Denny Hernawan, Irma Purnamasari, Gotfridus Goris Seran, B. S. (2022). Implementation Of Freedom To Learn Indpendent Campus Program. Jurnal Governansi, 8(April), 11–18.
Nurita Setyaningsih. (2023). Hasil Wawancara Mahasiswa S1 Manajemen Pendidikan UNY, 16 Januari 2023, Pukul 10.00 - 11.00 WIB, Via Telpon,. 4–5.
Priadi Surya, M. P. (2023). Hasil Wawancara Lembaga Penjamin Mutu Prodi Manajemen Pendidikan UNY, 4 Januari, Pukul 10.00 - 11.15 WIB di Ruang Prodi.
Rendika Vhalery, Albertus Maria Styastanto, A. W. L. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka : Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal Of Education, 8(1), 185–201.
Sabriadi HR, N. W. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. ADAARA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 175–184.
Safrida, N. (2021). Implementasi Kampus Merdeka : Implikasi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Aceh Barat. Indonesia Journal of Teaching and Teacher Education, 1(1), 19–28.
Sri Rahayu, Y. D. A. (2013). Soft Skills Attribute Analysis In Accounting Degree For Banking. International Journal Of Bussiness, Economic, and Law, 2(1), 115–120.
Sutomo, D., Legowoz, B., Murwaningsianjar, T., Ciptorukmi, S., Kusharjanta, B., Widono, S., Muryanto, Y. T., Suwandi, S., Rahardjo, S. S., & Marmoah, S. (2020). Increasing The Capacity Of Institutional Cooperation In The Implementation of The Independent Campus. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4(2), 2214–2223.
UNY, F. I. P. (2020). Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi S1 Manajemen Pendidikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dikelola oleh
Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD
Email: humas@mp.uad.ac.id
Website: pasca-mp.uad.ac.id