Implementasi Hidden Curriculum dalam Upaya Menciptakan Kemampuan Membaca Al-Qurán dengan Tartil pada Siwa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Magelang

Edina Asifarani, Imron Imron

Abstract


Jurnal ini berupaya menganalisis tentang hidden curriculum dalam proses pembelajaran. Dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, kurikulum tersembunyi memiliki peran dan fungsi yang cukup penting dalam membentuk karakter peserta didik. Dengan kurikulum tersembunyi, para pendidik dan sekolah dapat dengan mudah mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Agama yang optimal dan sesuai dengan yang diharapkan. Melalui penelitian yang terdahulu, diketahui kurikulum tersembunyi merupakan kurikulum yang tidak terlihat, terjadi tanpa ada rencana dan terjadi secara spontanitas. Meski kurikulum tidak terlihat, tidak terencana dan tidak memiliki sistematika yang formal, akan tetapi sangat berperan dalam mewujudkan sebuah tujuan pembelajaran khususnya Pendidikan agama. Saat ini banyak sekolah berbasis Islam yang berlomba-lomba pada orientasi kualitas. Jaminan yang ditawarkan adalah lulusan yang mampu membaca Al-Qurán dengan baik dan benar. Akan tetapi, fakta yang ada, kurangnya perbaikan dalam mempelajari Al-Qurán terkhusus membaca Al-Qurán di beberapa sekolah. Hidden Curikulum berupa mentoring dalam kelas menggunakan metode UMMI membantu pendidik dalam meningkatkan pengolahan pembelajaran Al-Qurán yang mudah dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan wawancara dan tes langsung. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Magelang pada kelas X dengan subjek guru Pendidikan Agama dan 20 siswa. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa 1) metode yang digunakan memiliki tahapan yang memudahkan dalam proses mencapai hasil yang diharapkan, yakni pembukaan, apresepsi, pemahaman konsep, latihan, evaluasi. 2) berdasarkan hasil penelitian metode UMMI dalam menciptakan kemampuan membaca Al Qurán pada kelas X SMA Muhammadiyah Magelang, memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qurán dengan makhrijul huruf dan kaidah tajwid yang benar. Dengan adanya kurikulum tersembunyi berupa mentoring UMMI pembelajaran agama islam dapat tercapai dengan maksimal.

Full Text:

PDF

References


Anagari, Yesi Wulaning, Sutarno, Sutarno & Khotimah, Khusnul (2022). Implementasi

Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV selama

Pembelajaran Daring. Juenal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan

Pendidikan, 2(2), 96-106, Issn 2797-3174, State University Of Malang (UM),

Https://Doi.Org/10.17977/Um065v2i22022p96-106

Azzahrah, Fatimah (2020). Implementasi Model Project Based Learning Dalam

Pembelajaran Al-Qurán Untuk Membentuk Nilai Karakter Religius Siswa Kelas III

di SD As-Salam Bangkalan. Journal Of Islamic Education, 7(2), Issn 2548-2998,

Maulana

Malik

Ibrahim

State

Islamic

University,

Https://Doi.Org/10.18860/Jie.V7i2.7066

Ahmad Annuri. (2017). Panduan Tahsin Tilawah Al-Qurán & Ilmi Tajwid. Pustaka Al

Kautsar. Prim Publishing.

Fajri, K., & Taufiqurrahman, T. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D

dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal

Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), https://doi.org/10.35316/jpaii.v2i1.56

Syaifullah, M. (2017). Penerapan Metode An-Nahdliyah dan Metode Iqro. Jurnal Kajian

Ilmu Pendidikan. 2(1), 146.

Noeng Muhadjir. Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakatya: Rake Sarasin, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dikelola oleh

Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD

Email: humas@mp.uad.ac.id

Website: pasca-mp.uad.ac.id