Pengembangan Profesionalisme Guru ISMUBA sebagai Pembelajaran Berkelanjutan di SMK Muhammadiyah Gebang
Abstract
Pengembangan profesionalisme guru ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) sebagai pembelajaran berkelanjutan di SMK Muhammadiyah Gebang sangat penting untuk memastikan kualitas pendidikan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program pengembangan profesionalisme guru ISMUBA di SMK Muhammadiyah Gebang, mengidentifikasi kebutuhan dan hambatan yang dihadapi, serta memberikan rekomendasi untuk peningkatan program tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yang melibatkan pengumpulan dan analisis literatur terkait topik pengembangan profesionalisme guru ISMUBA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program yang ada saat ini menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya finansial dan material, serta kurangnya dukungan institusional. Selain itu, beban kerja yang tinggi juga menghambat guru dalam mengikuti pelatihan dan pengembangan kompetensi. Meskipun demikian, beberapa inisiatif pelatihan dan workshop telah diimplementasikan, namun efektivitasnya belum maksimal dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru secara konsisten. Pembahasan lebih lanjut mengungkapkan bahwa untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, diperlukan peningkatan investasi dalam program pelatihan yang lebih terstruktur dan berkelanjutan, melibatkan para ahli di bidang ISMUBA, serta menciptakan budaya kolaboratif di antara para guru melalui forum diskusi rutin dan kelompok belajar. Dukungan manajemen sekolah juga harus ditingkatkan melalui kebijakan yang mendukung pengembangan profesionalisme dan penyediaan sumber daya yang memadai. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan pengembangan profesionalisme guru ISMUBA di SMK Muhammadiyah Gebang dapat lebih efektif dan berdampak positif pada kualitas pendidikan yang diberikan, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan bermutu tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Abonyi, U. K., Yeboah, R., & Luguterah, A. W. (2020). Exploring work environment factors influencing the application of teacher professional development in Ghanaian basic schools. Cogent Social Sciences, 6(1), 1778915.
Admiraal, W., Schenke, W., De Jong, L., Emmelot, Y., & Sligte, H. (2021). Schools as professional learning communities: what can schools do to support professional development of their teachers? Professional Development in Education, 47(4), 684–698.
Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82.
Billingsley, B., Bettini, E., Mathews, H. M., & McLeskey, J. (2020). Improving working conditions to support special educators’ effectiveness: A call for leadership. Teacher Education and Special Education, 43(1), 7–27.
Costan, E., Gonzales, G., Gonzales, R., Enriquez, L., Costan, F., Suladay, D., Atibing, N. M., Aro, J. L., Evangelista, S. S., & Maturan, F. (2021). Education 4.0 in developing economies: a systematic literature review of implementation barriers and future research agenda. Sustainability, 13(22), 12763.
Darlan, D., Pettalongi, S. S., & Rustina, R. (2021). The roles of Islamic education in building students’ character within Indonesia public schools. International Journal of Contemporary Islamic Education, 3(2), 21–39.
Darmansah, T., Putri, A. J., Aruan, A., Humaira, A., Syahirah, F., & Mahathir, M. S. (2024). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Jambura Journal of Community Empowerment, 12–25.
Faulkner, F., Kenny, J., Campbell, C., & Crisan, C. (2019). Teacher learning and continuous professional development. In Examining the Phenomenon of “Teaching Out-of-field?”: International Perspectives on Teaching as a Non-specialist (pp. 269–308). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-13-3366-8_11
Fernández-Batanero, J. M., Montenegro-Rueda, M., Fernández-Cerero, J., & García-Martínez, I. (2022). Digital competences for teacher professional development. Systematic review. European Journal of Teacher Education, 45(4), 513–531.
García-Pérez, L., García-Garnica, M., & Olmedo-Moreno, E. M. (2021). Skills for a working future: How to bring about professional success from the educational setting. Education Sciences, 11(1), 27.
Kilag, O. K. T., & Sasan, J. M. (2023). Unpacking the Role of Instructional Leadership in Teacher Professional Development. Advanced Qualitative Research, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.31098/aqr.v1i1.1380
Korhonen, A.-M., Donaldson, L., & Kunnari, I. (2022). Teacher Professional Development in Education 4.0: The Role of ePortfolios and Open Badges. Journal of Technical Education Science, 70A, 13–24. https://doi.org/10.54644/jte.70a.2022.1221
Sancar, R., Atal, D., & Deryakulu, D. (2021). A new framework for teachers’ professional development. Teaching and Teacher Education, 101, 103305.
Sukri, I., & Rasyid, A. (2021). Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Pemula di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(2), 27–35.
Zhang, X., Admiraal, W., & Saab, N. (2021). Teachers’ motivation to participate in continuous professional development: relationship with factors at the personal and school level. Journal of Education for Teaching, 47(5), 714–731. https://doi.org/10.1080/02607476.2021.1942804
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dikelola oleh
Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD
Email: humas@mp.uad.ac.id
Website: pasca-mp.uad.ac.id