TELAAH BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA SMP KELAS VII

Adhitya Prasetyaningtyas, Suparman Suparman

Abstract


Problem solving merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa dalam kurikulum 2013.  Siswa yang berketerampilan problem solving rendah akan kesulitan dalam mengerjakan soal yang bertipe HOTS. Bahan ajar yang tidak memuat keterampilan problem solving akan berdampak pada tidak efektifnya proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan problem solving siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa SMP kelas VII. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Wawancara kepada guru dilakukan untuk mengetahui tentang kurikulum, isi materi, karakteristik siswa, sumber belajar, dan bahan ajar. Observasi kepada siswa dilakukan untuk mengetahui kemampuan problem solving siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data,  penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Penelitian memiliki beberapa hasil. Pertama, penalaran siswa masih rendah sehingga menyebabkan kemampuan problem solving siswa rendah. Kedua,bahan ajar yang dapat menunjang kemampuan problem solving belum dikembangkan. Ketiga, pendekatan konstrutivisme dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa dan problem solving. Penelitian menyimpulkan bahwa guru dan siswa memerlukan bahan ajar yang berbasis konstruktivisme yang dapat mengembangkan kemampuan problem solving siswa.

Keywords


bahan ajar, konstruktivisme, problem solving

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.