KAJIAN KONSEPTUAL PEMBELAJARAN PROJECT DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Kristina Handayani, Scolastika Mariani, Mohammad Asikin

Abstract


Rendahnya kemampuan komunikasi matematis disebabkan model pembelajaran yang dipakai bersifat tradisional dan kurang bervariasi, ketidaksesuaian model yang digunakan, guru kurang memperhatikan variabel yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis, siswa tidak menguasai materi prasyarat, dan tidak memadainya sarana prasarana sekolah. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis menjadikan siswa tidak mampu memahami ide-ide matematis, dan sulit mengkomunikasikan ide-ide tersebut dalam bahasa simbol, tabel, diagram, atau media lainnya sehingga siswa kurang mampu menyelesaikan permasalahan matematis. Studi literatur ini membahas strategi model Project Based Learning (PjBL) yaitu produk teoritik konseptual yang menawarkan strategi meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dalam pendekatan realistik dengan bantuan media Youtube. Strategi model PjBL dilaksanakan melalui pembelajaran proyek dengan menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan nyata. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip PjBL yang menghubungkan pembelajaran dengan pendekatan realistik. Tugas proyek akan lebih terfasilitasi dengan bantuan teknologi yang digunakan yaitu Youtube sehingga kemampuan komunikasi matematis siswa dapat ditingkatkan. Model PjBL yang merupakan modifikasi dari Doppelt (2005): (1) Merancang kegiatan proyek berpendekatan realistik (2) Analisis sistem dengan mengidentifikasi dan mencari informasi permasalahan berpendekatan realistik  dengan bantuan Youtube (3) Mempertimbangkan solusi alternatif untuk rancangan masalah berpendekatan realistik (4) Memilih salah satu solusi alternatif (5) Menentukan jadwal pelaksanaan dan penyusunan prototype (6) Evaluasi proses kegiatan sebagai bentuk refleksi.

Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematis, Project Based Learning, Realistik, Youtube

Full Text:

PDF

References


Adlim, M. et al. 2017. Model Analisis Penyebab Rendahnya Penguasan Konsep yang Diuji dalam Ujian Nasional (Kajian Pada Materi Ilmu Kimia Pada Siswa SMA/MA Sekitar Kampus Unsyiah). Jurnal Pencerahan. 11(1).

Dopplet, Y. 2005. Assessment of Project-Based Learning in a MECHATRONICS Context. Journal of Technology Education. 16(2)

Habsah, F. 2017. Developing Teaching Material Based on Realistic Mathematics Andoriented to the Mathematical Reasoning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4 (1).

Haji, S. 2016. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Infinity Jurnal Ilmiah Ptogram Studi Matematika Bandung. 5 (1)

Hodiyanto, H. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender. 2017. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4 (2).

Hastyadi Widiartanto, Yoga. 2017. Pengguna YouTube Tonton 1 Miliar Jam Video Sehari. Tersedia:

https://tekno.kompas.com/read/2017/03/02/07204687/pengguna.youtube.tonton.1.miliar.jam.vido.sehari (diakses 17 September 2018 Pukul 01.33 WIB).

Ismayani et al,.2016. Penerapan Project-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I).

Jon-Chao Hong et al. 2015. Learning with Social Media: How do Preservice Teachers Integrate YouTube and Social Media in Teaching?. Springer Asia-Pacific Edu Res. DOI 10,1007 / s40299-015-0230-9.

Kokotsaki, D. et al. 2016. Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools Sage Journal. 19(3).

Marsigit et al. 2014. Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Konvensional Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1 (2).

Martunis, et al. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Model Pembelajaran Generatif. 2014. Jurnal Didaktik Matematika. 1 (2).

Maudi. 2016. Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 1 (1)

Munzert et al. 2015. Project-Based Learning. Encyclopedia of Science Education Springer.

Nofrianto et al. 2017. Komunikasi Matematis Siswa: Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Gantang. 2(2).

Nopiyani, et al. 2016. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa. 5(2)

Novferna,N.,2017. Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita.Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3 (1).

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Mata Pelajaran

Peraturan Pemerintah nomor 32 Tahun 2013 pasal 77 tentang Standar Nasional Pendidikan

Permendiknas No.41 tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Rahman, A & Fauziana. 2018. Analisis Faktor Eksternal Penyebab Kesulitan Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Scientific Approach. MAJU. 5 (2)

Rimilda. 2017. “Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh”. Jurnal Numeracy. 4(2).

Sumaryanto, P. 2018. Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Media Pembelajaran ICT. Ed-Humanistics. 3 (1).

Van De Welle, John A. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. Jakarta : Erlangga.

Wibowo A. 2017. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.