KAJIAN KONSEPTUAL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA MODUL

Ika Ariwanti Fathonah, Scolastika Mariani, Yohanes Leonardus Sukestiyarno

Abstract


Kemampuan koneksi matematika yang rendah dapatdipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kemampuan guru memberikan pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran, media pembelajaran yang tidak tersedia atau faktor motivasi belajar siswa yang rendah.Uraian kajian konseptual ini berisi model PjBLbernuansa etnomatematika menggunakan media modul dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematika. Etnomatematika pada model PjBL ini siswa dapat mengenali dan menggunakan koneksi antara ide-ide matematika dalam menyelesaikan masalah proyek, mengkaitkan ide-ide matematika, matematika dengan bidang ilmu lain, dan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Penggunaan modul membantu siswa dalam mempelajari materi dan tugas proyek yang disampaikan oleh guru. Sehingga kemampuan koneksi matematika siswa dapat ditingkatkan. Tahap pembelajaran dimodifikasi dari tahap PjBLbernuansa etnomatematika yang dikemukakan Annafi (2018) dengan menambah penggunaan modul dalam pembelajaran. Pembelajaran tersebut dilaksanakan dengan tahapan : 1) penentuan permasalahan/ pertanyaan sesuai dengan etnomatematika yang berkaitan dengan materi aritmatika sosial, 2) analisis konsep dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan dan menuangkan ide etnomatematika kedalam materi aritmatika sosial dengan menggunakan modul sebagai pedoman mencari informasi, 3) perencanaan desain proyek merencanakan jadwal penyelesaian proyek, 4) penyiapan karya untuk menyelesaikan proyek dan mengumpulkan data sampai menghasilkan produk akhir, 5) proyek dipresentasikan dalam bentuk diskusi, 6) melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek.

Keywords


Kemampuan Koneksi Matematika, Project Based Learning, Etnomatematika, Modul

Full Text:

PDF

References


Afifah & Siti Khabibah. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2 (6).

Amit & Abu Qouder. 2017. Weaving Culture and Mathematics in the Classroom: The Case of Bedouin Ethnomathematics. Springer International Publishing AG 2017M. Rosa et al. (eds.),Ethnomathematics and its Diverse Approaches for Mathematics Education, ICME-13 Monographs

Annafi, N & Sry Agustina. 2018. “Pengembangan Model Pembelajaran project basedlearning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mempersiapkan Calon Pendidik Yang Berbudaya. Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1) : 1-10.

Arafyana, A., Gandung, S., & I Nyoman, M. 2018. “PenerapanModel PembelajaranProject Based Learning(PjBL) Untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa Pada MateriAritmatikaSosial Di KelasVIIE SMP Negeri 2 Sigi”.Jurnal Elektronik Pendidikan Matem atika Tadulako, 5 (3).

Badjeber, Rafiq & Siti Fatimah. 2015. “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta”. Jurnal Pengajaran MIPA, 20 (1):18-26.

Fitrina, T., M Ikhsan., & Said., M. 2016. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Debat”. Jurnal Didaktik Matematika,3(1).

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hardiarti, Sylviani. 2017. “Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma,8 (2).

Liberna,Hawa.2015.“PeningkatanKemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui PenggunaanMetodeImprovePada MateriSistemPersamaanLinearDua Variabel”.JurnalFormatif2(3):190-197.

Mendiknas. 2006. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta.

Mahendra, I Wayan Eka. “Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1).

Malasari, P., H Nindiasari., & Jaenudin. “A Development of Mathematical Connecting Ability of Students in Junior High School through a Problem-Based Learning with Course Review Horay Method”. Journal of Physics: Conf.Series 812doi:10.1088/1742-6596/812/1/012025

Putri,Linda. 2017. “Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI”. Jurnal Ilmiah “PENDIDIKAN DASAR” IV (1).

Ratnasari, D., Sri., W., & Lizza., S. 2016. “Pengaruh Pendekatan Etnomatematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Konsep Bangun Ruang. Kalimaya, 4(2).

Rizka, S., Mastur, Z., & Rochmad. 2014. Model project based learning bermuatan etnomatematika untuk meningkatkankemampuan koneksi matematika. Unnes journal of mathematicseducation research, UJMER. 3(2)

Saminanto & Kartono. (2015). Analysis of Mathematical Connection Ability in LinearEquationWithOnevariable BasedonConnectivityTheory. InternationalJournalofEducation and Research,Vol.3No.4,hlm. 259-27

Shanti, W., Dyahsih, A., & Adhetia, M. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Problem Posing”. LITERASI, VIII (1)

Siregar, N. D., & Surya, E. (2017). “Analysis of Students ’ Junior High School Mathematical Connection Ability”. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2) : 309-320

Suherman, E. (2008). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Hands-Out Perkuliahan. Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sunaga, Y., Hironori, W., Katsuhiko, K., Yoshiake, F., Shoso, Y., & Mashasi, O. 2017. Relation Between Combinations of Personal Characteristic Types and Educational Effectiveness for a Controlled Project-Based Learning Course.IEEE Transactions On Emerging Topics In Computing,5(1).

Sunaryo, Yeni. 2017. “Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di MTS N 2 Ciamis”. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(2) : 39-44.

Supriyadi, E., Suharto., & Hobri. 2017. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan NCTM (National Council Of Teachers Of Mathematics) Siswa SMK Kelas XI Jurusan Multimedia Pada Pokok Bahasan Hubungan Antar Garis”. Kadikma, 8 (1) : 128-136.

Telaumbanua, Yakin Niat. 2017. “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Strategi Metakognitif Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Koneksi Matematis Siswa SMA”. Tesis. Medan : Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Yunida, Lita. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Core Untuk Meningkatkan Kemampuan KoneksiMatematis Dan Self Efficacy Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016)”. Tesis. Lampung : Pascasarjana Magister Pendidikan Matematika Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.