PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING TAHUN AJARAN 2015/2016 BERDASARKAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF

Dhaning Cahya Murti, Harina Fitriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gamping tahun ajaran 2015/2016 berdasarkan gaya kognitif Reflektif-Impulsif. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 1 Gamping tahun pelajaran 2015/2016 yaitu siswa dengan gaya kognitif Reflektif dan Impulsif. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan instrumen MFFT (Matching Familiar Figure Test). Teknik pengambilan data menggunakan metode tes yaitu TKM dan wawancara untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematika subjek. Untuk menguji kredibilitas data menggunakan triangulasi waktu. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek Reflektif dan subjek Impulsif secara keseluruhan mampu menggunakan keempat indikator kemampuan komunikasi matematika dalam proses pemecahan masalah. Kemampuan komunikasi matematika yang dimiliki subjek Impulsif cenderung lebih baik dibandingkan subjek Reflektif yaitu dengan presentase 58,33% untuk subjek Impulsif dan 55,56% untuk subjek Reflektif. Subjek Reflektif dan Impulsif mampu memahami informasi dan ide yang diperoleh dalam masalah. Subjek Reflektif menuliskan pada lembar jawab sedangkan subjek Impulsif tidak menuliskannya. Dalam menuliskan simbol-simbol matematika, subjek Reflektif menggunakan istilah-istilah yang dipahami oleh subjek tetapi kurang sesuai dengan simbol matematika sedangkan subjek Impulsif menggunakan simbol-simbol matematika. Tetapi pemecahan masalah yang dilakukan kedua subjek masih belum tepat karena pemahaman yang belum tepat terhadap masalah. Dari ketiga masalah yang diberikan, subjek Impulsif dapat menjawab 1 masalah dengan tepat, sedangkan subjek Reflektif tidak.

Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematika, Gaya Kognitif, Reflektif-Impulsif

Full Text:

PDF

References


Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahmudi, Ali. 2006. “Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika”. Diakses dari http://core.ac.uk/download/files/335/11064816.pdf pada tanggal 12 November 2015.

Miles dan Huberman terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta:UI-Press.

NCTM. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston: NCTM

Pangaribuan, Firman. 2014. “Profil Abstraksi Siswa Yang Bergaya Kognitif Reflektif dan YangBergaya Kognitif Impulsif Dalam Merekonstruksi Pembagian Pecahan”. Diakses dari http://perpustakaan.uhn.ac.id/ adminarea/dataskripsi/Prosiding%20semnasmat%20UNIPA%202014%20-%20Firman.pdf pada tanggal 10 Desember 2015

Prayitno, Sudi, dkk. 2013. “Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika”. ISBN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4. Diakses dari eprints.uny.ac.id/10796/1/P%20-%2073.pdf. pada tanggal 19 November 2015.

Rozencwajg, Paulette and Corroyer, Denis (2005) Cognitive Processes in the Reflective–Impulsive Cognitive Style. The Journal of Genetic Psychology 166(4): 451–463

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Malang: JICA.

Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Warli. 2010a. Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Ringkasan Disertasi. PPs UNESA Surabaya.

_______.2010b. Instrumen Gaya Kognitif Reflektif vs Impulsif Matching Familiar Figure test (MFFT). PPs Unesa. Naskah tidak dipublikasikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.