PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Fitri Citra Handayani, Ratu Sarah Fauziah Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan pencapaian akhir kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang menggunakan metode   pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu dilakukan pembaharuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran baru. Penelitian ini merupakan studi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 20 Tangerang tahun ajaran 2016/2017. Sampel diambil menggunakan teknik Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang berbentuk uraian. Untuk mendapatkan soal representative dilakukan uji validitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) terdapat perbedaan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran CPS dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CPS lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Keywords


Creative Problem Solving, kemampuan berpikir kritis matematis

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2011) . Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Posdakarya

Kurniawati, Lia. (2013) . Pengaruh Metode Penemuan dengan Strategi Heuristik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Fakultas Ilmu Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Kuswana, W. (2013). Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riadi, E. (2014). Metode Statistik Parametric Dan Nonparametric. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Sugiono. (2012). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pedidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Syahbana, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Contextual Teaching & Learning. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Syukur, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solvinh (CPS) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Konsep Saling Ketergantungan dalam Ekosistem. Skripsi. Tidak publikasikan. Institut Agama Islma Negri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Tia, F. (2014). Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) di kolaborasikan dengan Model Kooperative Tipe Team Game Turnament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.