MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VIII-C SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Fitriani Fitriani, Ratna Widianti Utami

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan atas latar belakang permasalahan yang ditemukan selama pra-penelitian yaitu berupa rendahnya motivasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII-C SMP Negeri 15 Yogyakarta. Rendahnya motivasi tersebut diperoleh berdasarkan hasil angket yaitu rata-rata skor motivasi belajar matematika siswa berada pada kategori sedang yakni dengan persentase sebesar 58,82% dengan frekuensi siswa 20 orang dari 34 siswa. Sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika kelas VIII-C SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan Mc.Taggart. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 34 siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 Yogyakarta. Siklus 1 terdiri dari 3 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui lembar observasi, angket dan tes kognitif. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, angket digunakan untuk mengetahui motivasi belajar matematika yang dimiliki siswa, sedangkan tes diguankan untuk mengukur ketercapaian kompetensi dasar yang telah dikuasai siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dengan hasil angket yang menunjukkan meningkatnya nilai rata-rata pada siklus 1 dari 97,79 dengan kategori sedang, meningkat pada siklus 2 menjadi 105,5 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Metode Saintifik mampu meningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 Yogyakarta.

Keywords


metode saintifik, motivasi belajar matematika siswa

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (1996). Tes prestasi fungsi peng-embangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Cohen, Luis., Manion, Lawrence., & Morrison Keith. (2007). Research Method in Education. London: Routledge

Dariyo, Agoes. (2013). Dasar-dasar Pedagogi Modern. Cet.I; Jakarta: Indeks

Fung, G. Maria. (2010). Writing in a Mathematics Class? A Quick Report on Classroom Practices at the Collegiate Level. Currents In Teaching and Learning Vol. 2 No. 2

Kemmis, S. & Taggart, R. (1991). The action research planner. VA: University Press.

Marsigit. (Oktober 2015). Pendekatan Saintifik Dan Implementasinya Dalam Kurikulum 2013. Makalah disajikan dalam Seminar Workshop Implementasi Pendekatan Saintifik dan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di ruang rapat lantai 2 LPPMP UNY

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014, tentang Standar Nasional Pendidikan. (2014).

Slavin, R. E. (2006). Educational psichology theory and practice eighth edition. Boston: Pearson Education, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.