KETERKAITAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Frisca Wulandari

Abstract


Kemampuan bernalar (reasoning ability) merupakan salah satu kompetensi matematika yang ingin dicapai dalam pembelajaran matematika. Proses penalaran matematis memuat analisis, pengembangan dan integrasi. Dalam pembelajaran matematika, kemampuan penalaran matematis berperan baik dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah (problem solving). Penalaran terlibat dalam proses pemecahan masalah, karena memang beberapa bentuk penalaran biasanya merupakan bagian dari pemecahan masalah itu sendiri maka hal tersebut dapat dibentuk melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model PBL merangsang siswa untuk meningkatkan kemampuan penalaran. Langkah-langkah PBL yaitu (1) orientasi; (2) mengorganisikan; (3) membimbing; (4)mengembangkan; (5) menganalisa dan evaluasi. Dengan adanya konsep dan langkah-langkah dari model pembelajaran PBL tersebut kemampuan penalaran matematis siswa dapat dikembangkan. Itu berarti terdapat keterkaitan penalaran matematis dengan model pembelajaran Problem Based Learning.

Keywords


Penalaran, Matematika, Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Astuti, Sri Puji. (2014). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Vol. 1, ISSN2355-0473 (161-164).

Basri, hasrul. (2009). Peningkatan Minat Belajar Praktek Menggulung Trafo Melalui Pendekatan Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal MEDTEK, Vol. 1, No. 1, April 2009 : Diterbitkan.

Fajar Shadiq. (2004). Pemecahan Masalah Penalaran dan Komunikasi (Widyaiswara PPPG Matematika Yogyakarta. Disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar Tanggal 6 s.d. 19 Agustus 2004. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen Pusat Pe- ngembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika.

Indarti, Sri Mari. (2014). Peran Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Vol. 1, ISSN23550473 (119-124).

NCTM. (2000). Principle and Standard for School Mathematics. USA

Panji, Faisal. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning. Sripsi, tidak dipublikasikan. UPI

Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Surajiyo dkk. (2012). Dasar-Dasar Logika. Jakarta: Bumi Aksara.

Robert J. Stenberg. (2008). Psikologi Kognitif. Jakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.