PENGARUH IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM SETTING KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP

Hajarul Masi Hanifatur Rohman, Sugiman Sugiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas implementasi Pendidikan Matematika Realistik dalam setting kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol di mana sampel penelitian diperoleh secara acak/random. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan literasi matematis siswa berupa pretest dan posttest berbentuk uraian. Validasi instrumen menggunakan validitas isi oleh pada ahli (expert judgement) dengan hasil layak dengan revisi. Uji statistik menggunakan independent sample t-test untuk menguji pengaruh pembelajaran yang diterapkan pada kedua kelas dan one-sample test untuk menguji efektivitas pembelajaran pada kelas eksperimen. Perhitungan untuk pengujian tersebut dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 19. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi , diperoleh kesimpulan bahwa 1) implementasi Pendidikan Matematika Realistik dalam setting kooperatif tipe Think Pair Share lebih berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa SMP dan 2) implementasi Pendidikan Matematika Realistik dalam setting kooperatif tipe Think Pair Share efektif diterapkan pada siswa SMP ditinjau dari kemampuan literasi matematis siswa.

Keywords


Pendidikan Matematika Realistik, Think Pair Share, Kemampuan Literasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. (2007). Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta : Gramedia.

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach. (Alih bahasa: Helly Prajitno S & Sri Mulyantini S). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education : onwikkelen van realistics reken/wiskundeonderwijs (met een samenvatting in het nederlands). Utrecht : CD β Press.

OECD. (2013). PISA 2012 Assassement and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Diakses tanggal 6 Februari 2015 dari http://www.oecd.org

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-years-olds know and what they can do with what they know. Diakses tanggal 27 September 2015 dari http://www.oecd.org.

Sri Imelda. et al. (2013). Investigating Secondary School Students Difficulties in Modeling Problems Pisa – Model Level 5 and 6. IndoMS. J.M.E Vol. 4 (No.1 – Januari 2013).

Sri Wardhani dan Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Kemdiknas, P4TK Matematika.

Sugiman. (2009). Pandangan Matematika sebagai Aktivitas Insani Beserta Dampak Pembelajarannya. Diseminarkan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY tanggal 5 Desember 2009.

Sugiman. (2010). Dampak Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keyakinan Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Yogyakarta. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sutarto Hadi. (2014). Developing student’s mathematical literacy: PMRI schools revisited. Diseminarkan pada ICSE (International Congres for School Effectiveness and Improvement) di Yogyakarta tanggal 5 Januari 2014.

Walpole R.E. (1992). Pengantar Statistika Edisi Ke-3. (Alih bahasa : Ir. Bambang Sumantri). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Widhiarso. (2008). Uji Hipotesis Komparatif. Diakses tanggal 15 September 2015 dari http://widhiarso.staff.ugm. ac.id.

Yuli Fitriono, dkk. (2015). Model PBL dengan Pendekatan PMRI Berpenilaian Serupa PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. UJMER Vol 4. (No.1 – Juni 2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.