PENERAPAN MEDIA E-LEARNING SOCRATIVE DALAM MATERI PENGOLAHAN DATA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Hindun Yafa Chotijah, Sukmana Larasati, Ika Putri Astriyana Sari

Abstract


Berdasarkan analisis kebutuhan siswa terhadap multimedia pembelajaran di sekolah, diperoleh hasil bahwa dalam pembelajaran perlu pemanfaatan media TIK. Socrative merupakan salah satu Media E-Learning yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan penerapan media E-Learning Socrattive pada siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, yaitu suatu proses penelitian yang digunakan untuk mengembangkan suatu produk yang efektif digunakan di dunia pendidikan. Produk yang dihasilkan adalah media E-Learning Socrattive pada materi pengohalan. Pengembangan media pembelajaran mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah angket berdasarkan USE Questionaire. Teknik analisis dilaksanakan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek usefulnesss / kemanfaatan (3.08),  ease of use/ kemudahan pemakaian (3.14), ease of learning / kemudahan mempelajari (3.29) dan satisfaction / kepuasan (3.21). Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa  media e-learning socrative yang dikembangkan peneliti dinyatakan layak digunakan.

Keywords


Media E-Learning, Socrative, Pembelajaran Matematika, Multimedia

Full Text:

PDF

References


Awedh, M, Mueen, A, Zafar, B & Manzoor, U. (2014). Using Socrative and Smartphones for the support of collaborative learning.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Pritchard, P.E. (1992). Socrative 2.0. Knowledge Quest, 43(2)

Depdiknas, (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Cetak, Jakarta: Depdiknas

Dervan, P. (2014). Increasing in-class student engagement using Socrative (an online Student Response System).

Flynn, Leslie., dkk. Learning theory and its application to the use of social media in medical education .

Jacobson, K., & Director, M. R. V. E. D. (2013). Formative Assessments.

Gullen, K., & Zimmerman, H. (2013). Saving Time with Technology. Journal Educational Leadership, 70(6), 63-66.

Hadiri, Y. (2015). Click it to check it: An instructional design module to assist university faculty in using Socrative as a smart student response system for student assessment. Technology, Colleges, and Community Worldwide Online Conference 2015.5

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jas, I. (2012). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Lee, A. (2014). Virtually Vygotsky: Using Technology to Scaffold Student Learning By Technology in Pedagogy, 20, 1-9.

Majid, A. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Méndez, D., & Slisko, J. (2013). Software Socrative and smartphones as tools for implementation of basic processes of active physics learning in classroom: An initial feasibility study with prospective teachers. European Journal of Physics Education, 4(2).

Nawalaniec, N. (2015). Socrative (Snowy release). Journal of the Medical Library Association: JMLA, 103(4), 236.

Nely Indira W &Tika Dedi P.(2015) Pengembangan Media Pembelajaran Peluang Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan. Jurnal Pendidikan Matematika.8(2).167

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik indonesia Nomor 16 tahun 2007

tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru

Philip Chen, Xinge You & Dacheng Tao. (2015). Special Issue on Big Learning in Social Media Analytics.

Prastowo, Andi. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Riski, S. (2014). Efek Lesson Study Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Calon Guru, 3(1), 1-2.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Wash, P. D. (2014). Taking advantage of mobile devices: Using Socrative in the classroom. Journal of Teaching and Learning with Technology, 3(1), 99-101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.