MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MEMFASILITAS PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA

Imaludin Agus

Abstract


Artikel ini akan mengaji secara teoritik penggunaan model pembelajaran Inquiry dalam memfasilitasi peningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan mengevaluasi setiap argumen dan solusi dari setiap masalah  secara teliti dan hati-hati sehingga dapat diperoleh suatu kesimpulan yang tepat dan logis. Dengan kemampuan berpikir kritis yang baik, siswa diharapkan tidak hanya mampu menyelesaikan masalah dalam konten matematika, tetapi mampu di integrasikan dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari mereka. Melihat pentingnya kemampuan berpikir kritis, maka peningkatan kemampuan ini menjadi sebuah keharusan diupayakan kepada siswa. Salah satu upaya yang dapat diberikan yaitu melalui penerapan model pembelajaran inquiry  dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini didasarkan pada relevansi setiap langkah-langkah pembelajaran inquiry dengan indikator kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Selain itu, model pembelajaran inquiry meninitik beratkan pada keaktifkan siswa dalam melakukan suatu penyelidikan yang mengantarkan siswa pada generalisasi yang logis. Dengan aktivitas tersebut, maka memiliki potensi dalam memfasilitasi peningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis, Inquiry, Matematika

Full Text:

PDF

References


Ansberry & Morgan. (2007). More picture and pervect science leasons (using chilidren books to guided inquiry (6^th ed). NSTA Press: Virginia.

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Bono, E. D. (1992). Mengajar Berpikir. (Terjemahan Soemardji). Jakarta: Erlangga.

Ebbutt, S dan Straker, A.(1995). Children and Mathematics: A Handbook for Teacher. London : Collins Educational.

Ennis, R. H. (2011). The Natural of Critical Thinking: An Outline of Critical Thingking Disposition and Abilities. University of Illinos: Emeritus Profersor.

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Englewood Cliffs: Pearson Education.

Fedlman, D. (2010). Berpikir Kritis Starategi Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT Indeks.

Fisher, A.(2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar (Terjemahan Benyamin Hadinata). Surabaya: Erlangga.

Gambrill, E & Gibbs, L. (2009). Critical Thinking for Helping Professionals A Skills Based Workbook (3^th ed). New York: Oxford Press.

Glazer, E. (2001). Using Internet Primary Sources to Teach Critical Thinking Skills in Mathematics. London: Greenwood Press.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Joyce. B, Weill. M, & Calhoun. E. (2015). models of theaching (9^th ed). Pearson: New york.

Kuhlthau, Maniotes, & Caspari. (2007). Guided Inquiry (Learning in the 21st century). Conecticut: London.

Lai, E. R. (2011). Critical Thinking: A Literature Review. Pearson.

Mahmudi, A. (2009). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Siswa melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (pp. 349-354). Yogyakarta: MIPA UNY.

Moog, R. & Spencer, J. (2008). POGIL: An overview. In R. Moog , & J. Spencer (Eds.), Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) (pp. 1-13). Washington DC: American Chemical Society.

Mujis, D & Reynold, D. (2008). Effective Teaching Evidence and Practice. London: Sage Publication.

NCTM. (2000). National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). New York: NCTM. Diakses dari www.nctm.org.

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Paris: OECD Publishing. Diakses dari www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.

Ruggero, V. R. (1984). The Art of Thinking: A Guided to Critical and Creatif Thought. New York: Haper and Row Publishers.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Scott, S. (2009). Perceptions of Students’ Learning Critical Thinking through Debate in a Technology Classroom: A Case Student. The Journal of Technology Studies, 34(1), 39.

Setiawan, J & Royani, M. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis SMP dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Metode Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika (EDU-Mat), 1 (1), 1-9.

Smitha, V. (2012). Inquiry Training Model and Guided Discovery Learning For Fostering Critical Thinking and Scientific Attitude. Kozhikode: Vilavath Publications.

Van de Walle. (2010). Elementry and Middle School Mathematics (7^th ed). Boston: Pearson.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.