INVESTIGASI KEMAMPUAN MENTAL KOMPUTASI SISWA SMP AL-IZZAH BATU KELAS VII

Mahfudz Reza Fahlevi, Gatot Muhsetyo, Abadyo Abadyo

Abstract


Hasil kajian-kajian sebelumnya tentang number sense menunjukkan bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam menggunakan number sense  untuk mengoperasikan bilangan. Adapun tujuan dalam kajian ini adalah untuk mengkategorikan cara menjawab siswa dalam menyelesaikan permasalahan bilangan sesuai dengan empat tingkatan pada mental komputasi yang dikemukakan oleh Markovits & Sowder (1994), yaitu: standar, transisi, non-standar tanpa reformulasi, dan non-standar dengan reformulasi. Jenis kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif eksploratif. Subyek penelitian adalah enam puluh dua  siswi SMP kelas VII. Adapun kegiatan kajian berupa analisis jawaban terhadap tes yang berupa tiga soal uraian tentang operasi bilangan dan estimasi. Pelaksanaan kegiatan adalah minggu ke tiga bulan Agustus tahun 2016. Hasil kajian menunjukkan bahwa  kemampuan mental komputasi siswi cukup beragam, yang cenderung berada pada kategori standar yang terdiri sebanyak tiga puluh  siswi dari total 62 siswi, sedangkan dua puluh  siswi berada pada kategori transisi, dan dua belas  siswi lainnya berada dalam jenis non-standar dengan reformulasi.

Keywords


Number sense, mental komputasi

Full Text:

PDF

References


Faulkner, V. N. (2009). The Components of Number Sense An Instructional Model for Teachers. TEACHING Exceptional Children, 41(5), pp. 24-30. USA.

Hadi, Sutarto. (2015). Number Sense: Berpikir Fleksibel Dan Intuisi Tentang Bilangan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1) , 1-7

Hartnett, Judy. (2007). Categorisation of Mental Computation Strategies to Support Teaching and to Encourage Classroom Dialogue. In Watson, Jane and Beswick, Kim (Eds). Proceedings 30th annual conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia - Mathematics: Essential Research, Essential Practice, pages pp. 345-352, Hobart, Tasmania.

Heirdsfield, A. M. (2003). “Spontaneous” Mental Computation Strategies.Conference paper: In Pateman, N. A. and Dougherty, B. and Zilloux, J., Eds. Proceedings of the International Group for Psychology of Mathematics Education conference, pages 55-62,Honolulu, USA.

Heirdsfield, Ann & Lamb, Janeen. (2005). Mental Computation: The Benefits of Informed Teacher Instruction. Proceedings MERGA 28 - 2005 Building connections:Theory, research and practice 2, pages 419-426, Melbourne.

Howden, H. (1989). Teaching Number Sense Arithmetic Teacher. 36(6), 6-11.

Markovits, Z. & Sowder, J. T. (1994). Developing number sense:An intervention study in grade 7. Journal for Research in Mathematics Education, 22, 4-29

Mcintosh, A., Reys, B.& Reys, R.(1992). A proposed framework for examining basic number sense. For the learning of mathematics, 12(3), 2-7.

McIntosh, A., Reys, R. E. & Reys, B. J. (1997). Number sense: Simple effective number sense experiences: Grades: 6-8. New Jersey, Dale Seymour

Mohamed, Mohini & Johnny, Jacinta (2010). Investigating Number Sense Among Student. International Conference on Mathematics Education Research 8 (2010), 317–324

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pilmer, C. D. (2008). Number Sense. Nova Scotia School for Adult Learning. Canada.

Resnick, J. B. (1989). Defining, Assessing, and Teaching Number Sense. In B. P. Schappelle & J. T.

Sengul, Sare & Gulbagci, Hande. (2012). An investigation of 5th grade Turkish students' performance in number sense on the topic of decimal numbers. Procedia - Social and Behavioral Sciences 46 (2012), 2289 – 2293

Sousa, D.A. (2008). How the brain learns mathematics. Thousand Oaks, CA:Corwin Press. Sowder (Eds). Establishing foundations for research on number sense and related topics: Report of a conference (pp. 35-39). San Diego: San DIego State University Center for Research in Mathematics and Science Education.

Yang, D.C, Li, M. N.& Lin C.I. (2007). A study of the performances of 5th graders in number sense and its realationship to achievement in mathematics. International Journal of Science and Mathematics Education. National Science Council:Taiwan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.