PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMK

Nenden Yuliani Pratiwi, Reviandari Widyatiningtyas, Irmawan Irmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji sebuah perlakuan yakni model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan desain kelompok kontrol non-ekivalen (The Non- Equivalent Control Group Design) dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 3 Bandung, kemudian dengan teknik sampling purposive terpilih dua kelas dari jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X UPW1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 siswa dan X UPW2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang terlebih dahulu dibuktikan validitasnya dan diestimasi reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan uji beda rata-rata (uji t). Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Osborn, peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Osborn lebih baik dari pada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari kedua hasil di atas membuktikan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Osborn terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK.

Keywords


Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Osborn

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad dan Asrori, Mohammad. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Clegg, B. (2006). Instant Brainstorming. Diakses tanggal 01 Desember 2015 dari: http://www.cul.co.uk/IB.pdf.

Depdiknas. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Fokusindo Mandiri.

Mendikbud RI. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta: Kemendikbud.

Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nisa, Titin Faridatun. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Setting Model Treffinger untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pedagogia. 1 (1), 35-50. Diakses tanggal 12 Maret 2015 dari: http://journal.umsida.ac.id/files/TitinV.11.pdf.

Organization for Economic Cooperation and Development. (2014). Survey Internasional PISA. Diakses tanggal 06 Januari 2016 dari: http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf.

Osborn, A.F. (1953). Applied Imagination. Diakses tanggal 30 November 2015 dari: https://archive.org/details/appliedimaginati00osborich.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumarmo, Utari dkk. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 17 (1), 17-33. Diakses tanggal 11 Juni 2016 dari: http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/228/143.

Surya, Hendra. (2013). Cara Belajar Orang Genius. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wardani, Sri. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scramble terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa SMA. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Langlangbuana Bandung.

Widowati, Asri. (2010). Brainstorming Sebagai Alternatif Pengembangan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Sains Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 2 (3). Diakses tanggal 16 November 2015 dari: http://jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/443/603.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.