PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad dan Asrori, Mohammad. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Clegg, B. (2006). Instant Brainstorming. Diakses tanggal 01 Desember 2015 dari: http://www.cul.co.uk/IB.pdf.
Depdiknas. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Fokusindo Mandiri.
Mendikbud RI. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta: Kemendikbud.
Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nisa, Titin Faridatun. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Setting Model Treffinger untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pedagogia. 1 (1), 35-50. Diakses tanggal 12 Maret 2015 dari: http://journal.umsida.ac.id/files/TitinV.11.pdf.
Organization for Economic Cooperation and Development. (2014). Survey Internasional PISA. Diakses tanggal 06 Januari 2016 dari: http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf.
Osborn, A.F. (1953). Applied Imagination. Diakses tanggal 30 November 2015 dari: https://archive.org/details/appliedimaginati00osborich.
Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sumarmo, Utari dkk. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 17 (1), 17-33. Diakses tanggal 11 Juni 2016 dari: http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/228/143.
Surya, Hendra. (2013). Cara Belajar Orang Genius. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Wardani, Sri. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scramble terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa SMA. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Langlangbuana Bandung.
Widowati, Asri. (2010). Brainstorming Sebagai Alternatif Pengembangan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Sains Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 2 (3). Diakses tanggal 16 November 2015 dari: http://jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/443/603.
Refbacks
- There are currently no refbacks.