PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING TAHUN AJARAN 2015/2016 DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF

Silvia Nur Eka Septianingsih, Harina Fitriyani

Abstract


Setiap individu memiliki kemampuan penalaran yang berbeda. Salah satu faktor yang mempengaruhinya diduga dari gaya kognitif. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kemampuan penalaran siswa SMP kelas VIII ditinjau dari gaya Kognitif Refleksif-Impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa kelas VIII yang masing-masing bergaya kognitif refleksif dan impulsif. Instrumen yang dipakai dalam penelitaian ini adalah instrumen MFFT (Macthing Familiar Figure Tes) dan Tes Kemampuan Penalaran Matematika (TKPM). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes MFFT, Tes TKPM, dan wawancara. Untuk mendapatkan data konsisten dilakukan triangulasi waktu. Sedangkan teknik analisi data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa subjek refleksif secara menyeluruh telah menggunakan kelima indikator penalaran, walaupun tidak semua indikator muncul dimasing-masing soal. Indikator yang sering digunakan dengan benar oleh subjek adalah menyampaikan informasi menggunakan model, fakta, sifat,dan pola hubungan. Indikator menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang diperoleh dari penjelasan penggunaan model, fakta, sifat dan pola hubungan, memberikan alasan untuk solusi yang digunakan dalam menyelesaikan masalah, dan menganalisis situasi matematika subjek hampir sempurna dalam menggunakannya disetiap soal yang subjek kerjakan. Sedangkan untuk subjek Impulsif hanya sempurna dalam menyampaikan informasi menggunakan model, fakta, sifat,dan pola hubungan. Untuk itu subjek refleksif memiliki kemampuan penalaran lebih baik dibandingkan dengan subjek impulsif.

Keywords


Penalaran, Gaya Kognitif, Refleksif, Impulsif

Full Text:

PDF

References


Milles, Matthew B., & A.Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Pres. Penerjemah: Tjetjep Rohendi Rohidi.

Nasution. 2005. Berbagai Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Rozencwajg, Paulette & Denis Corroyer. 2005. Cognitive Processes in the Reflective-Impulsif Cognitive Style. The Journal of Genetic Psychology, 2005, 166(4), 451-463.

Warli. 2010a. Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Refleksif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Ringkasan disertasi. Surabaya:Unesa.

_______.2010b. Instrumen Gaya Kognitif Reflektif vs Impulsif Matching Familiar Figure test (MFFT). PPs Unesa. Naskah tidak dipublikasikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.