Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan pendekatan open ended, problem solving dan konvensional serta membandingkan keefektifan pendekatan open ended, problem solving dan konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah Bantul Tahun Ajaran 2015/ 2016. Desain pada penelitian ini menggunakan desain eksperimen yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa soal uraian. Uji instrumen pengumpulan data menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dilanjutkan analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa serta uji hipotesis dengan analisis variansi dan uji lanjut LSD. Hasil dari analisis variansi kelas ekperimen dengan taraf signifikan 5% dan dk= 104 menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan open ended, problem solving dan konvensional ditunjukkan oleh πΉβππ‘π’ππ=18.86 dan πΉπ‘ππππ =3.09 terlihat bahwa πΉβππ‘π’ππ>πΉπ‘ππππ dengan rata- rata skor kemampuan pemecahan masalah awal 31% menjadi 49% dan (2) Pendekatan pembelajaran open ended lebih efektif daripada pendekatan pembelajaran problem solving dan pendekatan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji lanjut LSD π1=59.57 ,π2=47.28 dan π3=40.67 terlihat bahwa π1β π2β π3 .
Keywords
Efektifitas, Pendekatan Open Ended, Pendekatan Problem Solving,Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen penelitian. Jakarta : Rineka cipta.
Djajadisastra, Jusuf. 1982. Metode- Metode Mengajar. Bandung : Angkasa.
McIntosh, R. & Jarret, D., 2000. Teaching mathematical problem solving: Implementing the vision. New York: NWREL, Mathematics and Science Education Center.
Polya, G. 1985. How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton,NJ : Princenton University Press.
Pui Yee, Foong. 2009. Mathematics Education The Singapore Journey. Singapore: World Scientific Publishing.
Shadiq, Fadjar. 2004. βPenalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematikaβ. Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar Tanggal 10 s.d 23 Oktober 2004. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Silver, E.A. 1997. Fostering Creativity Through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Page 75-80 .ZDM International Reviews on Mathematics Education.
Suherman, Erman, dkk. 2003. Common Textbook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Suparman. 2012. Desain dan Analisis Eksperimen. Yogyakarta : MIPA UAD Press)