EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH BANTUL TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Windi Agustiar Basuki, Suparman Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan pendekatan open ended, problem solving dan konvensional serta membandingkan keefektifan pendekatan open ended, problem solving dan konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah Bantul Tahun Ajaran 2015/ 2016. Desain pada penelitian ini menggunakan desain eksperimen yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa soal uraian. Uji instrumen pengumpulan data menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dilanjutkan analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa serta uji hipotesis dengan analisis variansi dan uji lanjut LSD. Hasil dari analisis variansi kelas ekperimen dengan taraf signifikan 5% dan dk= 104 menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan open ended, problem solving dan konvensional ditunjukkan oleh πΉβ„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”=18.86 dan πΉπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ =3.09 terlihat bahwa πΉβ„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”>πΉπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ dengan rata- rata skor kemampuan pemecahan masalah awal 31% menjadi 49% dan (2) Pendekatan pembelajaran open ended lebih efektif daripada pendekatan pembelajaran problem solving dan pendekatan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji lanjut LSD πœ‡1=59.57 ,πœ‡2=47.28 dan πœ‡3=40.67 terlihat bahwa πœ‡1β‰ πœ‡2β‰ πœ‡3 .

Keywords


Efektifitas, Pendekatan Open Ended, Pendekatan Problem Solving,Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen penelitian. Jakarta : Rineka cipta.

Djajadisastra, Jusuf. 1982. Metode- Metode Mengajar. Bandung : Angkasa.

McIntosh, R. & Jarret, D., 2000. Teaching mathematical problem solving: Implementing the vision. New York: NWREL, Mathematics and Science Education Center.

Polya, G. 1985. How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton,NJ : Princenton University Press.

Pui Yee, Foong. 2009. Mathematics Education The Singapore Journey. Singapore: World Scientific Publishing.

Shadiq, Fadjar. 2004. β€œPenalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika”. Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar Tanggal 10 s.d 23 Oktober 2004. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Silver, E.A. 1997. Fostering Creativity Through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Page 75-80 .ZDM International Reviews on Mathematics Education.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Common Textbook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Suparman. 2012. Desain dan Analisis Eksperimen. Yogyakarta : MIPA UAD Press)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.