PENENTUAN LUAS LAHAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN SEGITIGA SFERIK (TEOREMA GIRARD) DENGAN BANTUAN GOOGLE MAPS

Devi Devi, Adi Setiawan, Eko Sediyono

Abstract


Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, ketersediaan peta sangat dibutuhkan. Peta dapat diakses melalui sebuah aplikasi, seperti Google Maps. Aplikasi ini merupakan sebuah jasa peta global yang disediakan oleh Google secara gratis dan online. Google Maps juga dapat dimanfaatkan untuk memperoleh titik-titik koordinat berupa garis lintang dan garis bujur, kemudian diolah untuk memperoleh luas lahan. Metode yang diterapkan untuk menghitung luas lahan adalah metode pendekatan segitiga sferik dengan asumsi bumi berbentuk bola dan elipsoida. Pada penelitian ini, lahan yang menjadi objek penelitian adalah Kabupaten Semarang. Berdasarkan perhitungan menggunakan pedekatan segitiga sferik diperoleh luas Kabupaten Semarang dengan asumsi bumi berbentuk bola dan elipsoida sebesar 1001.2366 km2 dan 996.5592 km2. Hasil perhitungan luas dibandingkan dengan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Semarang sebesar 950.21 km2 dan berdasarkan perhitungan Google Maps sebesar 993.689 km2. Luas yang menjadi acuan adalah berdasarkan data yang diperoleh dari BPS Kabupaten Semarang. Terdapat selisih antara hasil perhitungan luas lahan menggunakan metode pendekatan segitiga sferik dan luas yang menjadi acuan dengan asumsi bumi berbentuk bola dan elipsoida berturut-turut adalah 57.9366 km2 dan 53.2592 km2. Berdasarkan luas acuan dengan asumsi bumi berbentuk bola dan elipsoida diperoleh prosentase sebesar 5.37% lebih banyak dari luas acuan dan 4.88% lebih banyak dari luas acuan. Metode pendekatan segitiga sferik tidak selalu bisa digunakan karena apabila jumlah sudut dalam koordinat segitiga sferik secara praktis lebih kecil dari π, maka hasil perhitungan tidak akurat, sehingga metode ini hanya bisa digunakan untuk lahan yang relatif lebih luas seperti pada Kabupaten Semarang.

Keywords


Google Maps, luas lahan, metode pendekatan segitiga sferik

Full Text:

PDF

References


Alivah, E., Setiawan, A. & Sediyono, E. (2016). Penentuan luas lahan dengan bantuan Google Earth. Prosiding, Seminar Nasional 3rd CGISE dan FIT ISI yang diselenggarakan oleh FTek UGM, tanggal 27 Oktober 2016. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

BPS Kabupaten Semarang, (2016). Kabupaten Semarang dalam Angka 2016. Kab. Semarang: BPS Kabupaten Semarang.

BPS Kota Salatiga, (2016). Kota Salatiga dalam Angka 2016. Salatiga: BPS Kota Salatiga.

Devi., Setiawan, A. & Sediyono, E. (2016). Penentuan luas lahan datar dengan metode pendekatan lingkaran berbasis Google Earth/Google Maps. Telah dipresentasikan di Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2016 yang diselenggarakan oleh FKIP UNS, tanggal 16 November 2016. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Ibrahim, O., Mohsen, K., (2014). Design and Implementation an Online Location Based Services Using Google Maps for Android Mobile. International Journal of Computer Networks and Communications Security, 2(3), 113-118.

Mahdia, F., Noviyanto, F., (2013). Pemanfaatan Google Maps Api untuk Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Bantuan Logistik Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web (Studi Kasus: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta). Jurnal Sarjana Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 162-171.

Meeus, J. (1998). Astronomical Algorithm. (2thed.). USA: Williman-Bell, Inc.

Mohammed, N., Ghazi, A. & Mustafa, H. (2013). Positional Accuracy Testing Of Google Earth. International Journal Of Multidisciplinary Sciences & Engineering, 4(6), 6-9.

Sangadji. (2009). Formula Heron: Tinjauan di Geometri Euclid dan Geometri Sferik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika “Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya” yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, tanggal 05 Mei 2009. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiawan, A., Sediyono, E. & Alivah, E. (2016). The Use of Google Maps and Circle Approach Method in Land Area Measurement. Telah dipresentasikan di Internasional Conference On Theoritical and Applied Statistics yang diselenggarakan oleh ITS Surabaya, tanggal 19-20 Oktober 2016 . Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Yunita, A., Suprayogi, A., & Hania’ah. (2011). Kajian Ketelitian Pemanfaatan Citra Quickbrid Pada Google Earth Untuk Pemetaan Bidang Tanah (Studi Kasus : Kabupaten Karanganyar). Jurnal Geodesi UNDIP, 2 (2), 38-53.

Wikipedia. (2016). Rawa Pening. Diakses tanggal 26 November 2016 dari https://id.wikipedia.org/wiki/Rawa_Pening.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.